Page 102 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 102

dibutuhkan yang telah diidentifikasi. Jagalah hal-hal
                       ini dalam ingatan:
                           a.  Buku   harus   sesuai   dengan   tingkat
                              kemampuan baca konseli.
                           b.  Tulisan  harus  menarik  dan  melatih  klien
                              untuk lebih dewasa.

                           c.  Tema  bacaan  seharusnya  sesuai  dengan
                              kebutuhan  yang  telah  diidentifikasi  dari
                              konseli.
                           d.  Karakteristik seharus dapat dipercaya dan
                              mampu memunculkan rasa empati.

                           e.  Alur  kisah  seharusnya  realistis  dan
                              melibatkan kreativitas untuk menyelesaian
                              masalah.
                   3.  Putuskan susunan waktu dan sesi serta bagaimana
                       sesi diperkenalkan pada konseli.
                   4.  Rancanglah aktivitas-aktivitas tindak lanjut setelah
                       membaca,  seperti  diskusi,  menulis  makalah,
                       menggambar, dan drama.
                   5.  Motivasi  konseli  dengan  aktivitas  pengenalan
                       seperti  mengajukan  pertanyaan  untuk  menuju  ke
                       pembahasan tentang tema yang dibicarakan.
                   6.  Libatkan   konseli   dalam    fase   membaca,
                       berkomentar    atau   mendengarkan.     Ajukan
                       pertanyaan-pertanyaan  pokok  dan  mulaialah
                       berdiskusi  kecil  tentang  bacaan.  Secara  berkala,
                       simpulkan apa yang terjadi secara panjang lebar.




                                         91
   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107