Page 102 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 102
dibutuhkan yang telah diidentifikasi. Jagalah hal-hal
ini dalam ingatan:
a. Buku harus sesuai dengan tingkat
kemampuan baca konseli.
b. Tulisan harus menarik dan melatih klien
untuk lebih dewasa.
c. Tema bacaan seharusnya sesuai dengan
kebutuhan yang telah diidentifikasi dari
konseli.
d. Karakteristik seharus dapat dipercaya dan
mampu memunculkan rasa empati.
e. Alur kisah seharusnya realistis dan
melibatkan kreativitas untuk menyelesaian
masalah.
3. Putuskan susunan waktu dan sesi serta bagaimana
sesi diperkenalkan pada konseli.
4. Rancanglah aktivitas-aktivitas tindak lanjut setelah
membaca, seperti diskusi, menulis makalah,
menggambar, dan drama.
5. Motivasi konseli dengan aktivitas pengenalan
seperti mengajukan pertanyaan untuk menuju ke
pembahasan tentang tema yang dibicarakan.
6. Libatkan konseli dalam fase membaca,
berkomentar atau mendengarkan. Ajukan
pertanyaan-pertanyaan pokok dan mulaialah
berdiskusi kecil tentang bacaan. Secara berkala,
simpulkan apa yang terjadi secara panjang lebar.
91