Page 107 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 107

mendapatkan  perhatian  minat  anak  akan  menjadi
                 faktor yang menentukan keberhasilan dari pengalaman
                 pembelajaran  ini.  Setelah  siswa  merasa  nyaman,
                 diskusikan  tema  buku  secara  umum,  mintalah  siswa
                 berbicara  bagaimana  jika  ia  berada  dalam  situasi
                 tertentu  dalam  buku  tersebut,  dan  memprediksi  apa
                 yang  akan  dilakukan  karakter  dalam  buku  tersebut
                 dalam bereaksi terhadap masalah yang dialaminya.
                    Agar kegiatan layanan biblioterapi ini berhasil, guru
                 harus  masuk  ke  dunia  anak  dengan  mendengarkan
                 dengan cermat apa yang dikatakan setiap siswa. Setelah
                 siswa  memiliki  kesempatan  untuk  membahas  cerita,
                 saatnya  untuk  mulai  membaca.  Selama  membaca
                 berhenti   secara   periodik   untuk   mengajukan
                 pertanyaan.  Pertanyaan  harus  diajukan  kepada  siswa
                 untuk  dapat  mengidentifikasi  karakter.  Hal  ini  juga
                 memungkinkan siswa untuk merangkum apa yang telah
                 terjadi,  dan  memberikan  kesempatan  pada  anak
                 mendapatkan  solusi  untuk  masalah  karakter  utama.
                 Setelah membaca cerita dilanjutkan dengan membahas
                 karakter  utama  dalam  buku,  perilaku  mereka,
                 bagaimana  mereka  memecahkan  masalah,  dan  solusi
                 lain yang mungkin untuk masalah yang dialaminya.

                 4.  Tindak lanjut aktivitas
                    Bagian  utama  dari  layanan  biblioterapi  adalah
                 aplikasi buku pada masalah masing-masing anak. Hal ini
                 dilakukan dengan menggunakan tindak lanjut kegiatan
                 setelah  membaca  dan  berbagi  buku.  Ada  berbagai
                 macam kegiatan yang bisa dilakukan dengan kelompok,
                 tergantung  pada  masalah  dan  bagaimana  guru
                 menginginkan  anak  untuk  menyadari betapa  masalah


                                      96
   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112