Page 107 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 107
mendapatkan perhatian minat anak akan menjadi
faktor yang menentukan keberhasilan dari pengalaman
pembelajaran ini. Setelah siswa merasa nyaman,
diskusikan tema buku secara umum, mintalah siswa
berbicara bagaimana jika ia berada dalam situasi
tertentu dalam buku tersebut, dan memprediksi apa
yang akan dilakukan karakter dalam buku tersebut
dalam bereaksi terhadap masalah yang dialaminya.
Agar kegiatan layanan biblioterapi ini berhasil, guru
harus masuk ke dunia anak dengan mendengarkan
dengan cermat apa yang dikatakan setiap siswa. Setelah
siswa memiliki kesempatan untuk membahas cerita,
saatnya untuk mulai membaca. Selama membaca
berhenti secara periodik untuk mengajukan
pertanyaan. Pertanyaan harus diajukan kepada siswa
untuk dapat mengidentifikasi karakter. Hal ini juga
memungkinkan siswa untuk merangkum apa yang telah
terjadi, dan memberikan kesempatan pada anak
mendapatkan solusi untuk masalah karakter utama.
Setelah membaca cerita dilanjutkan dengan membahas
karakter utama dalam buku, perilaku mereka,
bagaimana mereka memecahkan masalah, dan solusi
lain yang mungkin untuk masalah yang dialaminya.
4. Tindak lanjut aktivitas
Bagian utama dari layanan biblioterapi adalah
aplikasi buku pada masalah masing-masing anak. Hal ini
dilakukan dengan menggunakan tindak lanjut kegiatan
setelah membaca dan berbagi buku. Ada berbagai
macam kegiatan yang bisa dilakukan dengan kelompok,
tergantung pada masalah dan bagaimana guru
menginginkan anak untuk menyadari betapa masalah
96