Page 99 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 99

1.  Orang  yang  membantu  harus  menggunakan
                    material bacaan yang dikenalnya.
                 2.  Orang  yang  membantu  harus  menyadari  panjang
                    material  bacaan.  Hindari  material  yang  kompleks
                    dengan  detail  dan  situasi  yang  tidak  ada
                    hubungannya.

                 3.  Pertimbangkan  masalah  klien;  material  bacaan
                    harus  dapat  diaplikasikan  terhadap  masalah,
                    namun tidak harus identik.

                 4.  Kemampuan  membaca  klien  harus  diketahui  dan
                    dijadikan pengarah dalam memilih material bacaan
                    yang  akan  digunakan.  Jika  klien  tidak  dapat  atau
                    kurang  mampu  membaca,  perlu  dilakukan
                    membaca  nyaring  atau  menggunakan  material
                    audiovisual.

                 5.  Kondisi emosional dan usia kronologis klien harus
                    diperhatikan  dan  direfleksikan  dalam  tingkat
                    kesulitan material bacaan terpilih.
                 6.  Memperhatikan  minat  membaca,  baik  individu
                    maupun umum sesuai dengan tahapan yang dapat
                    diprediksi.
                       a.  Dari usia 2/3 tahun sampai 6/7 tahun anak
                           senang  mendengarkan  cerita  tentang
                           kejadian-kejadian seputar keluarga.

                       b.  6/7   sampai   10/11   tahun,   terdapat
                           peningkatan  minat  terhadap  cerita-cerita
                           fantasi.

                       c.  Remaja    melalui   beberapa    tahapan
                           membaca.  Remaja  awal  (12-15  tahun)


                                      88
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104