Page 99 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 99
1. Orang yang membantu harus menggunakan
material bacaan yang dikenalnya.
2. Orang yang membantu harus menyadari panjang
material bacaan. Hindari material yang kompleks
dengan detail dan situasi yang tidak ada
hubungannya.
3. Pertimbangkan masalah klien; material bacaan
harus dapat diaplikasikan terhadap masalah,
namun tidak harus identik.
4. Kemampuan membaca klien harus diketahui dan
dijadikan pengarah dalam memilih material bacaan
yang akan digunakan. Jika klien tidak dapat atau
kurang mampu membaca, perlu dilakukan
membaca nyaring atau menggunakan material
audiovisual.
5. Kondisi emosional dan usia kronologis klien harus
diperhatikan dan direfleksikan dalam tingkat
kesulitan material bacaan terpilih.
6. Memperhatikan minat membaca, baik individu
maupun umum sesuai dengan tahapan yang dapat
diprediksi.
a. Dari usia 2/3 tahun sampai 6/7 tahun anak
senang mendengarkan cerita tentang
kejadian-kejadian seputar keluarga.
b. 6/7 sampai 10/11 tahun, terdapat
peningkatan minat terhadap cerita-cerita
fantasi.
c. Remaja melalui beberapa tahapan
membaca. Remaja awal (12-15 tahun)
88