Page 95 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 95
Biblioterapi adalah proses dimana bahan bacaan dan
pembaca dinteraksikan Sawyer (2011)
Tujuan Biblioterapi
Esensi biblioterapi adalah bagaimana upaya secara
serius dan sistematis bibloterapis untuk Mendampingi
seseorang yang tengah mengalami emosional yang
berkecamuk karena permasalahan yang dia hadapi dengan
menyediakan bahan-bahan bacaan dengan topik yang tepat.
Kisah dalam buku akan membantu mereka untuk
menyelami hidupnya sehingga mampu memutuskan jalan
keluar yang paling mungkin bisa diambil.
Kategori Biblioterapi
Biblioterapi dalam program dan proses dapat
digunakan untuk beberapa kategori yaitu: Prestasi,
Akademik, Keasertifan, Perubahan Sikap, Perilaku,
Hubungan Perkawinan, Penurunan Rasa Takut, Peningkatan
Konsep Diri dan Keefektifan Terapeutik. Kategori Pertama;
Prestasi Akademik. Bibliotherapy mampu meningkatkan
prestasi akademik dalam ilmu biologi pada siswa yang
berada di panti asuhan Negara (Whipple 1978). Kategori
kedua; Keasertifan menemukan bahwa perilaku asertif
meningkat setelah subjek menyelesaikan program
bibliotherapy (Nesbitt 1977). Kategori ketiga; Perubahan
sikap melaporkan bahwa bibliotherapy secara positif
mengubah sikap anggota kelompok mayoritas (kulit putih)
terhadap orang kulit hitam (Standley & Standley 1970).
Kategori keempat; Perubahan Perilaku Bibliotherapy
secara positif mengubah perilaku klien yang mengalami
gangguan secara emosional McClasky (1966). Kategori
kelima; Hubungan Perkawinan. Bibliotherapy dalam
kelompok untuk pengayaan perkawinan tidak berbeda
84