Page 103 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 103
secara cepat. Sukses yang telah diraih para sang juara,
hanyalah sebuah konsekuensi dari sebuah keputusan
yang tepat untuk diputuskan, bukan ditunda-tunda.
Keputusan yang cepat, tentu bukan yang gegabah, tetapi
keputusan yang tepat waktu, tepat suasana, tepat cara,
tepat tujuan dan tepat tempat.
G. Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karir
Pekerjaan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan
dari kehidupan dewasa. Pemilihan pekerjaan setelah
seseorang menyelesaikan sekolah sangatlah penting
karena akan menentukan kehidupannya di masa yang
akan datang. Seorang dewasa yang hendak mencari kerja
biasanya “memasarkan dirinya” dengan menunjukkan segala
kemampuan dan pengalamannya, sehingga dapat melakukan
pilihan yang tepat mengenai pekerjaannya.
Pendidikan Karir
Dalam perkembangannya, anak memiliki minat yang luas
dan dapat berubah-ubah. Oleh karena itu, orang tua dan guru
sebaiknya tidak memaksa anak menyiapkan karir berdasarkan
minat pada saat itu. Perencanaan karir untuk siswa tidak perlu
diputuskan sedini mungkin dan harus fleksibel.
Pendidikan karir diberikan untuk menguatkan motivasi
siswa dalam mencapai cita-citanya. Penekanan pada
pelatihan vokasional dikhawatirkan dapat mengancam
tujuan pendidikan yang lebih luas, tetapi mereka yang
mendukung pendidikan karir percaya bahwa pendidikan
yang tidak mengandung tujuan masa depan bagi pelajar
akan menjadi tidak relevan. Pendidikan karir dan bimbingan
karir perlu disediakan untuk seluruh siswa, tetapi bukan
berarti mereka harus diberikan pilihan yang sama, diminta
memproses informasi yang sama, atau menjalani tahap-tahap
pengambilan keputusan yang sama. Harus ada program dan
sumber tersendiri (individualized).
90 Bimbingan Karir