Page 103 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 103

secara cepat. Sukses yang telah diraih para sang juara,
                  hanyalah  sebuah konsekuensi dari  sebuah keputusan
                  yang  tepat  untuk  diputuskan,  bukan  ditunda-tunda.
                  Keputusan yang cepat, tentu bukan yang gegabah, tetapi
                  keputusan yang tepat waktu, tepat suasana, tepat cara,
                  tepat tujuan dan tepat tempat.
            G. Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karir
                Pekerjaan merupakan hal yang tidak dapat  dipisahkan
            dari  kehidupan dewasa. Pemilihan pekerjaan setelah
            seseorang   menyelesaikan   sekolah  sangatlah  penting
            karena akan  menentukan  kehidupannya di masa yang
            akan  datang.  Seorang  dewasa  yang  hendak mencari kerja
            biasanya “memasarkan dirinya” dengan menunjukkan segala
            kemampuan dan pengalamannya, sehingga dapat melakukan
            pilihan yang tepat mengenai pekerjaannya.
            Pendidikan Karir
                Dalam perkembangannya, anak memiliki minat yang luas
            dan dapat berubah-ubah. Oleh karena itu, orang tua dan guru
            sebaiknya tidak memaksa anak menyiapkan karir berdasarkan
            minat pada saat itu. Perencanaan karir untuk siswa tidak perlu
            diputuskan sedini mungkin dan harus fleksibel.
                Pendidikan karir diberikan untuk menguatkan motivasi
            siswa dalam mencapai cita-citanya. Penekanan pada
            pelatihan  vokasional  dikhawatirkan  dapat  mengancam
            tujuan  pendidikan yang  lebih luas,  tetapi  mereka yang
            mendukung  pendidikan  karir  percaya  bahwa  pendidikan
            yang  tidak  mengandung  tujuan  masa  depan bagi  pelajar
            akan menjadi tidak relevan. Pendidikan karir dan bimbingan
            karir  perlu disediakan untuk  seluruh  siswa, tetapi bukan
            berarti  mereka  harus diberikan  pilihan  yang  sama,  diminta
            memproses informasi yang sama, atau menjalani tahap-tahap
            pengambilan keputusan yang sama. Harus ada program dan
            sumber tersendiri (individualized).


             90   Bimbingan Karir
   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107   108