Page 5 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 5
pola kegiatan pendidikan termasuk di dalamnya kegiatan
pembelajaran.
Dalam satu tulisannya yang berjudul “Knowledge-
Information-Service Era Changes in Work and Education and
the Changing Role of the School Counselor in Career Education”,
Kenneth B. Hoyt dan Pat Nellor Wickwire (2001) menyatakan
bahwa “era layanan informasi pengetahuan mencerminkan
berbagai perubahan yang saling terkait dalam aspek sosial,
ekonomi, pemerintahan, karir, pendidikan, pekerjaan, dan
aspek hidup lainnya”. Perubahan dalam dunia kerja dan tempat
kerja mempengaruhi pendidikan khususnya yang berkenaan
dengan perkembangan dan bimbingan karir. Selanjutnya
dikatakan bahwa dalam era ini terjadi kebangkitan dalam
berbagai bidang seperti: (1) proses dan struktur manajemen
dan kepemimpinan; (2) gaya, substansi, irama komunikasi;
(3) dukungan masyarakat, dan satuan keluarga, peran-
peran dan hasil; (4) diri dalam kaitan dengan kebutuhan dan
keinginan; (5) saling ketergantungan globalisasi, nasional, dan
internasional; (6) temuan dan intervensi melalui bioenergi dan
biogenetika. Perubahan-perubahan itu nampak pula dalam:
(1) hubungan dan konvensi antara institusi, masyarakat, dan
khalayak; (2) informasi, pemahaman, dan perilaku susial
dan subkultural; (3) bentuk dan substansi instrumental dan
perilaku dan tindakan ekspresif; (4) cara, intensitas, dan
variansi dalam identifikasi dan mencari isu-isu (5) kepedulian
terhadap kesinambungan lingkungan, ekonomi, sosial, dan
pemerintahan; (6) Kompleksitas, keragaman, dan konteks
pilihan dalam kawasan pribadi, pekerjaan, pendidikan, dan
sosial; dan (7) makna dan pengaruh ilmu pengetahuan,
matematika, dab teknologi terhadap bidang-bidang lain.
Menurut kedua penulis tersebut, ada beberapa kata kunci
dengan konotasi kunci sebagai karakteristik perubahan dunia
kerja dan tempat kerja dalam memasuki millennium baru
yaitu:
iv