Page 10 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 10
sebagai relawan. Melalui aktivitas di antara kesenelas bentuk
itulah individu akan memperolah perwujudan diri secara
bermakna baik bagi dirinya sendiri maupun bagi pihak lain.
Semua hasil kajian sebagaimana disampaikan di
atas, sesungguhnya merupakan tantangan dan sekaligus
sebagai peluang untuk diimplementasikan dalam pola-pola
bi,mbingan karir khususnya dalam tatanan pendidikan formal
di sekolah. Beberapa hal penting yang harus menjadi catatan
dalam dimensi implementasi bagi layanan bimbingan karir di
lingkungan pendidikan formal antara lain.
1. Peningkatan kompetensi para konselor sekolah dengan
fokus peningkatan kualitas kompetensinya baik
kognitif, fungsional, maupun personal sehingga mampu
melaksanakan layanan bimbingan karir bagi semua
siswa.
2. Fokus layanan bimbingan karir adalah untuk
menjadikan semua siswa dapat berkembang optimal
dalam beradaptasi secara kreatif dan mandiri dalam
mewujudkan karir yang sesuai dengan tuntutan
abad 21 seperti pemahaman makna dan dunia karir,
pemahaman diri sendiri, kemampuan beradaptasi dan
pengambilan keputusan, pengembangan kompetensi,
dsb.
3. Pola-pola pelatihan dan pengembangan kompetensi
para konselor sekolah dalam bimbingan karir harus
disesuaikan dengan tuntutan paradigma karir dan
bimbingan kari4r di abad 21.
4. Semua gagasan itu harus diwujudkan dalam bentuk
berbagai program dan kegiatan yang dikembangkan
secara kolaboratif mulai dari tatanan kebijakan,
manajerial, operasional, dan pengembangan sumber
daya manuaia. .
ix