Page 8 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 8

meninggalkan bangku sekolah. Hoyt (2001) mengemukakan
              ada empat  kebutuhan  utama  yaitu  kebutuhaan  untuk:  (1)
              merencanakan pendidikan pasca sekolah menengah yang
              berorientasi karir, (2) memperoleh ketrampilan umum dalam
              cakap kerja, adaptasi kerja, dan peningkatan kerja sehingga
              mampu  mengikuti  perubahan  dunia  kerja setelah  dewasa,
              (3) penekanan pentingnya nilai-nilai kerja, (4) merencanakan
              cara-cara menyibukkan diri dalam pekerjaan sebagai bagian
              dari keseluruhan perkembangan karir.

                  Pergeseran  paradigma  sebagaimana  dikemukakan  di
              atas,  pada gilirannya  akan  menuntut  penggunaan  strategi
              bimbingan  karir  yang  dipandang  sesuai dengan  tuntutan
              sebagai suatu cara yang dilakukan untuk membantu peserta
              didik dalam  mewujudkan  dirinya  secara  optimal  Strategi
              bimbingan karir  harus dilaksanakan secara holistik dengan
              memperhatikan  berbagai  dimensi yang  saling  terkait  baik
              internal maupun eksternal di  dunia pendidikan. Paradigma
              bimbingan karir tidak lagi berorientasi bagaimana membantu
              peserta didik  memperoleh pekerjaan di  masa mendatang,
              akan  tetapi  bagaimana  membantu  mereka  untuk  mampu
              beradaptasi  dengan tuntutan  yang berkembang  di  era abad
              21.
                  Terkait dengan hal itu, para mahasiswa S-3 program Pasca
              Sarjana UPI Bandung yang mengambil mata kuliah “Bimbingan
              dan  Konseling Karir,  telah  malakukan  kajian  lapangan  dan
              telaahan  kepustakaan  yang  menyangkut  tinjauan  berbagai
              kecenderungan  karir dan bimbingan  karir memasuki  abad
              21 serta  implikasinya  dalam  pelaksanaan  bimbingan  karir
              di  sekolah. Kajian  difokuskan pada peluang  dan tantangan
              yang terjadi dalam abad 21 atau millennium ketiga. Berbagai
              dinamika perubahan banyak terjadi  di  era ini  antara lain
              mengenai perkembangan pola-pola globalisasi dengan segala
              karakteristiknya yang kemudian berpengaruh terhadap pola-
              pola  karir  yang dalam  hal tertentu berbeda dibandingkan
              dengan era sebelumnya. Semua kondisi itu menuntut kualitas

                                        vii
   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13