Page 7 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 7

Kecenderungan  perubahan pola-pola  dalam  dunia
            kerja  dan tempat kerja  mempunyai pengaruh pada dunia
            pendidikan persekolahan khususnya yang berkaitan dengan
            pendidikan  dan  bimbingan karir.  Menurut  Hyot  (2001),
            pendidikan  dan  bimbingan  karir mempunyai  tujuh  tujuan
            utama yaitu untuk: (1) membekali pribadi dengan ketrampilan
            untuk mampu bekerja, menyesuaikan diri, dan meningkatkan
            diri,  (2) membantu  pribadi dalam  memperoleh kesadaran
            karir, eksplorasi karir, dan pembuatan  keputusan  karir, (3)
            menghubungkan antara pendidikan dan pekerjaan sehingga
            dapat  membuat  pilihan keduanya, (4)  membuat  pekerjaan
            sebagai satu bagian keseluruhan gaya hidup yang bermakna,
            (5) memperbaiki pendidikan dengan memasukan penekanan
            karir  di dalam  kelas, (6)  meningkatkan dan menerapkan
            kemitraan antara opic swasta dan pendidkkan, (7) mengurangi
            penyimpangan dan keragaman  dan melindungi kebebasan
            membuat pilihan. Dengan tujuan itu, hasil pembelajaran yang
            diharapkan  adalah  berupa: (1) ketrampilan  cakap  bekerja,
            beradaptasi,  meningkatkan kerja, dan akademis  dasar, (2)
            kebiasaan kerja produktif, (3) ninai-nilai kerja pribadi yang
            bermakna,  (4) pemahaman dan apresiasi  dasar terhadap
            kewirausahaan, (5) pemahaman diri dan peluang pendidikan
            dan keperjaan yang tersedia, (7) pembuatan keputusan karir;
            (8) mencari, menemukan,  mendapatkan,  dan  memegang
            pekerjaan, (9) penggunaan  waktu  luang  secara produktif,
            (10) mengurangi penyimpangan dan menghargaai kebebasan
            penuh pilihan  karir untuk  setiap orang;  (11)  humanisasi
            tempat kerja bagi diri sendiri.

                Kecenderungan    perubahan    pola-pola  pendidikan
            dan bimbingan karir  sebagaimana  dikemukakan di  atas,
            akan  berpengaruh terhadap peran-peran  konselor dalam
            melaksanakan proses  pendidikan dan bimbingan karir. Hal
            yang paling  mendasar  ialah memahami dan memenuhi
            kebutuhan-kebutuhan     siswa    dalam    perkembangan
            karir  sehingga memeiliki ketrampilan  karir  pada saat


                                      vi
   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12