Page 67 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 67

|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi

            1.  Gadget sebagai tambahan dalam pembelajaran.
                  Misalnya seorang guru pelajaran biologi memberikan
               materi  tentang  pencernaan.  Materi  tersebut  sudah
               dijelaskan guru di kelas. Namun jika belum jelas, siswa
               boleh   mengakses   di   web-web    yang   telah   di
               rekomendasikan oleh guru. Sifat pembelajaran ini tidak
               wajib  dilakukan  oleh  siswa.  Jika  dirasa  perlu  sebagai
               tambahan ilmu maka siswa dianjurkan untuk mencari.

                  Model  pembelajaran  gadget  seperti  ini  sering
               diterapkan  di  pendidikan  kita.  Dengan  masih  adanya
               keterbatasan  teknologi  informasi  di  daerah-daerah
               sehingga setiap siswa mempunyai kemampuan berbeda
               dalam  hal  teknologi.  Semisal  ada  siswa  yang  tidak
               mempunyai  gadget,  jadi  tidak  bisa  mengakses.
               Walaupun tidak bisa mengakses di internet, siswa masih
               mendapatkan ilmu dari guru di kelas.
            2.  Gadget sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran.
                  Gadget  dapat  menunjang  dalam  pembelajaran.
               Misalnya  pelajaran  sejarah,  guru  memberikan  tugas
               untuk  mencari  materi  di  internet  tentang  sejarah
               kerajaan Islam di Indonesia. Maka hal ini bisa dikatakan
               salah satu penunjang pembelajaran. Siswa menjadi aktif
               mencari  tugas  di  internet  tidak  hanya  aktif  di  media
               sosial  saja.  Contoh  lainnya  adalah  ketika  guru
               memberikan  tugas  yang  harus  dikerjakan  ada  di  blog
               atau  web  guru,  sehingga  siswa  harus  browsing  dan
               mengunduh  tugas  tersebut.  Hal  ini  bermanfaat  untuk
               guru dan juga siswa. Guru bisa menghemat waktu ajar,
               sedangkan siswa mendapatkan tugas yang bisa diakses
               kapanpun.  Pembelajaran  gadget  ini  banyak  diterapkan
               juga  di  pendidikan  kita.  Guru  memberi  tugas  untuk

                                      58
   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72