Page 67 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 67
|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi
1. Gadget sebagai tambahan dalam pembelajaran.
Misalnya seorang guru pelajaran biologi memberikan
materi tentang pencernaan. Materi tersebut sudah
dijelaskan guru di kelas. Namun jika belum jelas, siswa
boleh mengakses di web-web yang telah di
rekomendasikan oleh guru. Sifat pembelajaran ini tidak
wajib dilakukan oleh siswa. Jika dirasa perlu sebagai
tambahan ilmu maka siswa dianjurkan untuk mencari.
Model pembelajaran gadget seperti ini sering
diterapkan di pendidikan kita. Dengan masih adanya
keterbatasan teknologi informasi di daerah-daerah
sehingga setiap siswa mempunyai kemampuan berbeda
dalam hal teknologi. Semisal ada siswa yang tidak
mempunyai gadget, jadi tidak bisa mengakses.
Walaupun tidak bisa mengakses di internet, siswa masih
mendapatkan ilmu dari guru di kelas.
2. Gadget sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran.
Gadget dapat menunjang dalam pembelajaran.
Misalnya pelajaran sejarah, guru memberikan tugas
untuk mencari materi di internet tentang sejarah
kerajaan Islam di Indonesia. Maka hal ini bisa dikatakan
salah satu penunjang pembelajaran. Siswa menjadi aktif
mencari tugas di internet tidak hanya aktif di media
sosial saja. Contoh lainnya adalah ketika guru
memberikan tugas yang harus dikerjakan ada di blog
atau web guru, sehingga siswa harus browsing dan
mengunduh tugas tersebut. Hal ini bermanfaat untuk
guru dan juga siswa. Guru bisa menghemat waktu ajar,
sedangkan siswa mendapatkan tugas yang bisa diakses
kapanpun. Pembelajaran gadget ini banyak diterapkan
juga di pendidikan kita. Guru memberi tugas untuk
58