Page 63 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 63
|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi
merupakan media . Gagne (1970) mengatakan media adalah
berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang
dapat merangsang untuk belajar. Briggs (1970)
menerangkan bahwa media adalah alat fisik yang dapat
menyajikan peran serta merangsang siswa untuk belajar.
Batasan lain menurut para ahli di AECT (Association of
Education and Communication technology,1977) memberi
batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran
yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau
informasi. Menurut Asosiasi Pendidikan Nasional (national
education association/NEA) media adalah bentuk-bentuk
komunikasi baik tercetak maupun audio visual serta
peralatannya. Media hendaknya dapat di manipulasi, dapat
dilihat ,didengar dan dibaca.
Menurut arief S. Sadiman dkk (2007:17) secara umum
media pembelajaran mempunyai kegunaan sebagai berikut:
1). Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu berdifat
verbalitas (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan
belaka); 2). Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan biaya
indera; 3). penggunaan media pembelajaran secara tepat
dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif siswa; 4).
Dengan sifat yang unik pada tiap siswa ditambah lagi
dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda,
sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan
sama untuk setiap siswa, maka guru akan banyak
mengalami kesulitan bila semuanya itu harus diatasi
sendiri. Apalagi bila latar belakang antara siswa dan guru
juga berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan media
pembelajaran yaitu dengan kemampuannya dalam
memberikan perangsang yang sama, memberi pengalaman
yang sama, dan memicu persepsi yang sama.
54