Page 68 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 68
Chandra Anugrah Putra |
mencari di internet, atau tugas yang ada di web guru.
Biasanya sekolah-sekolah yang menggunakan model
seperti ini, akses internetnya mudah didapat. Setidaknya
jika siswa tidak punya gadget di daerahnya masih dapat
akses internet seperti wifi atau warnet.
3. Gadget sebagai alternatif pendukung pembelajaran.
Saat ini, khususnya di kota-kota yang sudah
memenuhi akses teknologi informasi, internet tidak
menjadi kendala bagi para pengguna. Proses
pembelajaran berbasis gadget dapat diterapkan jika
kondisinya seperti ini. Selain itu harus memenuhi
persyaratan lain, yaitu karakteristik siswa, sekolah, dan
pelajaran yang akan dibuat.
Misalnya ada kasus guru sedang ditugaskan di luar
kota. Sedangkan di sekolah memungkinkan untuk
pembelajaran gadget denagn jarak jauh. Maka guru bisa
memberikan tugas siswa melalui webnya. Guru tersebut
memberikan modul yang dapat diunduh oleh siswa.
Setelah itu siswa dapat mengerjakan tugas, dan tugas
tersebut dapat dikumpulkan lewat email. Siswa pun bisa
berkonsultasi dengan guru melalui gadget.
Beberapa manfaat gadget dalam pembelajaran antara
lain;
1. Siswa dapat bertanya kepada guru melalui media sosial.
2. Guru dapat memberikan konsultasi pada siswa
mengenail pelajaran.
3. Siswa terbantu dengan mudahnyainformasi di internet.
4. Guru dapat menghemat waktu saat kegiatan
pembelajaran berlangsung.
5. Gadget sangat interaktif.
59