Page 68 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 68

Chandra Anugrah Putra |
                  mencari  di  internet,  atau  tugas  yang  ada  di  web  guru.
                  Biasanya  sekolah-sekolah  yang  menggunakan  model
                  seperti ini, akses internetnya mudah didapat. Setidaknya
                  jika siswa tidak punya gadget di daerahnya masih dapat
                  akses internet seperti wifi atau warnet.

               3.  Gadget sebagai alternatif pendukung pembelajaran.
                     Saat  ini,  khususnya  di  kota-kota  yang  sudah
                  memenuhi  akses  teknologi  informasi,  internet  tidak
                  menjadi   kendala   bagi   para   pengguna.   Proses
                  pembelajaran  berbasis  gadget  dapat  diterapkan  jika
                  kondisinya  seperti  ini.  Selain  itu  harus  memenuhi
                  persyaratan lain, yaitu karakteristik siswa, sekolah, dan
                  pelajaran yang akan dibuat.

                     Misalnya  ada  kasus  guru  sedang  ditugaskan  di  luar
                  kota.  Sedangkan  di  sekolah  memungkinkan  untuk
                  pembelajaran gadget denagn jarak jauh. Maka guru bisa
                  memberikan tugas siswa melalui webnya. Guru tersebut
                  memberikan  modul  yang  dapat  diunduh  oleh  siswa.
                  Setelah  itu  siswa  dapat  mengerjakan  tugas,  dan  tugas
                  tersebut dapat dikumpulkan lewat email. Siswa pun bisa
                  berkonsultasi dengan guru melalui gadget.

                  Beberapa  manfaat  gadget  dalam  pembelajaran  antara
               lain;

               1.  Siswa dapat bertanya kepada guru melalui media sosial.
               2.  Guru  dapat  memberikan  konsultasi  pada  siswa
                  mengenail pelajaran.
               3.  Siswa terbantu dengan mudahnyainformasi di internet.
               4.  Guru   dapat   menghemat    waktu   saat   kegiatan
                  pembelajaran berlangsung.
               5.  Gadget sangat interaktif.


                                         59
   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73