Page 66 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 66
Chandra Anugrah Putra |
dipahami oleh semua murid. Ada nilai tambah dari
pemanfaatan sosial media ini. Guru juga dapat memantau
murid dalam menggunakan sosial media, bukan
overprotective juga terhadap murid, tapi guru bisa lebih
mengontrol hal-hal yang memang belum waktunya untuk
diketahui anak atau dari konten-konten tidak mendidik.
Selain itu guru juga bisa memanfaatkan handphone yang
berkamera untuk memotret hasil karya praktikum dan
prosesnya. Gambar-gambar ini bisa digunakan untuk
melengkapi laporan praktikum. Bisa juga handphone yang
memiliki perekam suara atau video untuk merekam dialog
drama.
Guru modern tidak cukup hanya bisa menggunakan
teknologi terbaru, namun juga harus bisa membangun rasa
senang belajar yang kemudian memunculkan daya pikir
kritis dan jiwa kreatif siswanya. Di sisi lain kehadiran serba
high tech ini tidak lantas menjadikan mereka robot-robot
digital yang bisu, angkuh, dan egois. Untuk itu tugas guru
tetap memberikan human touch yang membuat anak-anak
tetap santun, berempati dan berjiwa sosial. Para guru juga
harus tetap mendampingi dan mengarahkan muridnya agar
dapat memanfaatkan teknologi secara sehat demi masa
depan yang lebih baik untuk kemajuan dan perkembangan
pembelajaran dan pendidikan.
Gadget berkaitan dengan media pembelajaran berbasis
ICT, oleh sebab itu biasanya terhubung dengan internet.
Penggunaan internet sangat menunjang penggunaan gadget
ini. Penggunaan gadget bisa terdiri dari beberapa cara.
Apakah gadget tersebut digunakan sebagai tambahan dari
pembelajaran konvensional, penunjang atau justru
pengganti dalam model pembelajaran.
57