Page 66 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 66

Chandra Anugrah Putra |
               dipahami  oleh  semua  murid.  Ada  nilai  tambah  dari
               pemanfaatan  sosial  media  ini.  Guru  juga  dapat  memantau
               murid   dalam    menggunakan    sosial   media,   bukan
               overprotective  juga  terhadap  murid,  tapi  guru  bisa  lebih
               mengontrol  hal-hal  yang  memang  belum  waktunya  untuk
               diketahui  anak  atau  dari  konten-konten  tidak  mendidik.
               Selain  itu  guru  juga  bisa  memanfaatkan  handphone  yang
               berkamera  untuk  memotret  hasil  karya  praktikum  dan
               prosesnya.  Gambar-gambar  ini  bisa  digunakan  untuk
               melengkapi laporan praktikum. Bisa juga handphone yang
               memiliki perekam suara atau video untuk merekam dialog
               drama.
                  Guru  modern  tidak  cukup  hanya  bisa  menggunakan
               teknologi terbaru, namun juga harus bisa membangun rasa
               senang  belajar  yang  kemudian  memunculkan  daya  pikir
               kritis dan jiwa kreatif siswanya. Di sisi lain kehadiran serba
               high  tech  ini  tidak  lantas  menjadikan  mereka  robot-robot
               digital yang bisu,  angkuh,  dan egois.  Untuk itu  tugas  guru
               tetap memberikan human touch yang membuat anak-anak
               tetap santun, berempati dan berjiwa sosial. Para guru juga
               harus tetap mendampingi dan mengarahkan muridnya agar
               dapat  memanfaatkan  teknologi  secara  sehat  demi  masa
               depan yang lebih baik untuk kemajuan dan perkembangan
               pembelajaran dan pendidikan.
                  Gadget  berkaitan  dengan media  pembelajaran  berbasis
               ICT,  oleh  sebab  itu  biasanya  terhubung  dengan  internet.
               Penggunaan internet sangat menunjang penggunaan gadget
               ini.  Penggunaan  gadget  bisa  terdiri  dari  beberapa  cara.
               Apakah  gadget tersebut  digunakan  sebagai tambahan  dari
               pembelajaran   konvensional,  penunjang   atau   justru
               pengganti dalam model pembelajaran.

                                         57
   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71