Page 64 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 64

Chandra Anugrah Putra |
                  Hamalik   dalam    Dr.   Azhar   arsyad   (2010:15)
               mengemukakan  bahwa  pemakaian  media  pembelajaran
               dalam  proses  belajar  mengajar  dapat  membangkitkan
               keinginan  dan  minat  yang  baru,  membangkitkan  motivasi
               dan  rangsangan  kegiatan  belajar,  dan  bahkan  membawa
               pengaruh-pengaruh  psikologis  terhadap  siswa.  Levie  and
               lents  dalam  Dr.  Azhar  arsyad  (2010:16)  mengemukakan
               empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual,
               yaitu fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif dan fungsi
               kompensatoris.

               D. Perhatian Guru Terhadap Pemanfaatan Gadget

                  Pada saat ini siswa sudah mengenal teknologi mulai dari
               handphone  yang  tidak  berkamera  dan  selalu  di  bawa  ke
               sekolah,  smartphone  yang  disimpan  di  rumah  dan
               diaktifkan  setelah  pulang  sekolah,  Ipad,  Ipod,  PSP,  Iphone
               bahkan  laptop.  Artinya,  siswa  sudah  tidak  asing  dengan
               keberadaan  gadget.  Gadget  menjadi  kebutuhan  siswa
               karena  fungsi  dan  macam-macam  fitur  yang  disediakan.
               Kebutuhan  ini  terutama  dalam  hal  sosialisasi  dan  update
               berita terkini. Gadget di kalangan mereka juga tidak lepas
               dari  keberadaan  sosial  media  dan  perkembangan  internet
               lainnya.  Dominansi  facebook,  twitter,  email,  blog,  atau
               youtube  menjadi  bagian yang tak  kalah pentingnya  dalam
               kehidupan mereka.
                  Gadget  ini  bisa  menjadi  modal  bagi  guru  dalam
               mengembangkan  kreatifitasnya  mengajar.  Pola  mengajar
               yang paling tepat bagi siswa di era digital ini adalah dengan
               mengajaknya  belajar  dalam  dunianya,  yaitu  dunia  digital.
               Untuk  itu,  gadget  menjadi  hal  yang  mudah  untuk
               digunakan  dalam  pembelajaran.  Justru,  guru  sebaiknya


                                         55
   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69