Page 64 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 64
Chandra Anugrah Putra |
Hamalik dalam Dr. Azhar arsyad (2010:15)
mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran
dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan
keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi
dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa
pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Levie and
lents dalam Dr. Azhar arsyad (2010:16) mengemukakan
empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual,
yaitu fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif dan fungsi
kompensatoris.
D. Perhatian Guru Terhadap Pemanfaatan Gadget
Pada saat ini siswa sudah mengenal teknologi mulai dari
handphone yang tidak berkamera dan selalu di bawa ke
sekolah, smartphone yang disimpan di rumah dan
diaktifkan setelah pulang sekolah, Ipad, Ipod, PSP, Iphone
bahkan laptop. Artinya, siswa sudah tidak asing dengan
keberadaan gadget. Gadget menjadi kebutuhan siswa
karena fungsi dan macam-macam fitur yang disediakan.
Kebutuhan ini terutama dalam hal sosialisasi dan update
berita terkini. Gadget di kalangan mereka juga tidak lepas
dari keberadaan sosial media dan perkembangan internet
lainnya. Dominansi facebook, twitter, email, blog, atau
youtube menjadi bagian yang tak kalah pentingnya dalam
kehidupan mereka.
Gadget ini bisa menjadi modal bagi guru dalam
mengembangkan kreatifitasnya mengajar. Pola mengajar
yang paling tepat bagi siswa di era digital ini adalah dengan
mengajaknya belajar dalam dunianya, yaitu dunia digital.
Untuk itu, gadget menjadi hal yang mudah untuk
digunakan dalam pembelajaran. Justru, guru sebaiknya
55