Page 22 - Art Counseling seni sebagai penawar
P. 22
Junge & Asawa (Malchiodi, 2003) Signifikansi penulis
psikoanalitik ditempatkan pada pengalaman anak usia dini
membuat persilangan teori-teori ini ke dalam pendidikan menjadi
mudah. Beberapa pendidik progresif menempatkan penekanan
khusus pada seni peran yang dimainkan dalam perkembangan
anak secara keseluruhan.
Penilaian Dan Penelitian Psikologi
Selain psikoanalisis dan rehumanisasi orang dengan penyakit
mental, salah satu tren terkuat yang muncul dalam psikologi
modern adalah fokus pada metode standar penilaian diagnostik
dan penelitian. Apakah membahas karya seniman studio atau
produksi individu yang sakit mental, Kris (Malchiodi, 2003)
berpendapat bahwa mereka berdua terlibat dalam proses psikis
yang sama, yaitu, "penempatan pengalaman batin, citra batin, ke
luar. dunia‖. Hammer (Malchiodi, 2003) ―Metode proyeksi‖ ini
menjadi landasan konseptual untuk serangkaian penilaian gambar
proyektif yang berkembang dalam psikologi selama abad ke-20.
―Tes‖ kertas dan pensil sederhana ini, dengan prosedur formal dan
metode interpretasi standar, menjadi banyak digunakan dalam
evaluasi dan diagnosis anak-anak dan orang dewasa dan masih
digunakan pada tingkat yang lebih rendah hari ini (meskipun
sering dengan tujuan yang diubah dan prosedur). Dua tema paralel
dari era ini adalah metode penilaian seni yang relatif tidak
terstruktur (Elkins & Stovall, 2000)
Terlepas dari sejarah umum ini, ada perbedaan antara
pendekatan sebagai penilaian yang digunakan dalam psikologi
dan yang ditemukan dalam terapi seni. Perbedaan utama adalah
perspektif terapi seni bahwa membuat dan melihat seni memiliki
potensi terapeutik yang melekat pada klien, posisi yang tidak
harus dipegang oleh psikometri. Selain itu, terapis seni cenderung
menggunakan bahan yang lebih bervariasi dan ekspresif dan tidak
Art Counseling: Seni Sebagai Penawar | 15