Page 35 - False Information
P. 35
otomatis bukanlah fenomena baru, hal ini semakin menarik
perhatian publik.
Peningkatan informasi palsu menjadi masalah di seluruh
dunia (McGonagle, 2017). Informasi palsu bukanlah hal baru,
namun sekarang ini mengkhawatirkan karena popularitas media
sosial yang memungkinkan interaksi dan penyebaran ide-ide baru
(Zhou & Zafarani, 2020). Rampersad (Apuke & Omar, 2020a).
Akibatnya, pengguna media sosial dapat memajukan ide atau
menyebarkan berita melalui share, like, atau retweet; oleh karena
itu, mereka selalu dihadapkan pada jenis informasi yang tidak
terkendali, terutama berita yang datang dari penulis independen.
Oleh karena itu, media sosial kini menjadi tempat penyebaran
informasi yang salah dan berita palsu dengan cepat. Telah terbukti
bahwa media sosial adalah alat yang berpengaruh untuk
menyebarkan sejumlah besar konten tanpa filter (Lazer et al.,
2018), yang mengizinkan fenomena informasi yang salah dan
akibatnya memperburuk kemungkinan memanipulasi persepsi
publik tentang realitas melalui penyebaran konten palsu. konten
berita (Ireton & Posetti, 2018). Berita atau informasi palsu sebagai
konten palsu yang meniru berita sah, yang disajikan secara halus
untuk memikat publik agar percaya bahwa berita itu sah (Duffy et
al., 2019).
Rampersad (Apuke & Omar, 2020c)Informasi palsu telah
merajalela di dunia digital saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa
bahkan beberapa pejabat pemerintah dan individu terlibat dalam
penyebaran informasi yang salah kepada banyak orang untuk
menyesuaikan dengan agenda mereka. Hoaks telah menyentuh
hampir setiap aspek kehidupan kita (Wasserman & Madrid-
Morales, 2019), dan yang paling mengkhawatirkan dalam beberapa
bulan terakhir adalah beredarnya konten palsu pada periode wabah
30 | Laksminarti, Karyanti & Mita Sari