Page 115 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 115
(holistic approach). Artinya seluruh warga sekolah mulai dari guru,
karyawan dan para peserta didik harus terlibat dan
bertanggungjawab terhadap pelaksanaan pendidikan karakter
(Samani, dkk, 2017).
B. Peserta Didik
Pembelajaran merupakan proses aktivitas interaksi peserta didik
dengan guru, aktivitas interaksi sangat berperan dalam
meningkatkan kualitas belajar peserta didik di ruangan. Aktivitas
interaksi pembelajaran memerlukan peran aktif peserta didik yang
menjadi fokus pembelajaran sehingga apa yang ditransfer oleh guru
mampu diserap dengan baik dan dapat dipahami. Peserta didik
merupakan salah satu komponen pembelajaran yang wajib
diperhatikan. Peserta didik secara psikologi memerlukan
perkembangan yang seimbang antara kognitif, afektif, dan
psikomotor. Salah satu komponen adalah peserta didik. Rohman,
dkk (2013) mengemukakan bahwa komponen yang melakukan
kegiatan belajar untuk mengembangkan potensi kemampuan
menjadi nyata untuk mencapai tujuan belajar. Komponen peserta
didik ini dapat dimodifikasikan oleh guru. Dalam aktivitas
pembelajaran peserta didik harus mengikuti dengan baik dan penuh
konsentrasi. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran
itu sendiri sehingga peserta didik dapat menerima materi dengan
menyenangkan.
Martadi (2018) mengemukakan bahwa Arus globalisasi tidak
bisa terbendung lagi. Dibarengi membanjirnya perkembangan
teknologi yang kian canggih, dunia kini memasuki era revolusi
107