Page 115 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 115

(holistic approach). Artinya seluruh warga sekolah mulai dari guru,
                  karyawan  dan  para  peserta  didik  harus  terlibat  dan

                  bertanggungjawab  terhadap  pelaksanaan  pendidikan  karakter
                  (Samani, dkk, 2017).

                   B.  Peserta Didik

                      Pembelajaran merupakan proses aktivitas interaksi peserta didik
                  dengan  guru,  aktivitas  interaksi  sangat  berperan  dalam

                  meningkatkan  kualitas  belajar  peserta  didik  di  ruangan.  Aktivitas
                  interaksi pembelajaran memerlukan peran aktif peserta didik yang

                  menjadi fokus pembelajaran sehingga apa yang ditransfer oleh guru
                  mampu  diserap  dengan  baik  dan  dapat  dipahami.  Peserta  didik

                  merupakan  salah  satu  komponen  pembelajaran  yang  wajib

                  diperhatikan.  Peserta  didik  secara  psikologi  memerlukan
                  perkembangan  yang  seimbang  antara  kognitif,  afektif,  dan

                  psikomotor.  Salah  satu  komponen  adalah  peserta  didik.  Rohman,

                  dkk  (2013)  mengemukakan  bahwa  komponen  yang  melakukan
                  kegiatan  belajar  untuk  mengembangkan  potensi  kemampuan

                  menjadi  nyata  untuk  mencapai  tujuan  belajar.  Komponen  peserta
                  didik  ini  dapat  dimodifikasikan  oleh  guru.  Dalam  aktivitas

                  pembelajaran peserta didik harus mengikuti dengan baik dan penuh
                  konsentrasi. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran

                  itu  sendiri  sehingga  peserta  didik  dapat menerima  materi  dengan

                  menyenangkan.
                      Martadi (2018) mengemukakan bahwa  Arus  globalisasi tidak

                  bisa  terbendung  lagi.  Dibarengi  membanjirnya  perkembangan
                  teknologi  yang  kian  canggih,  dunia  kini  memasuki  era  revolusi




                                                 107
   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120