Page 120 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 120
dikelola dan diatur secara sistematis untuk digunakan secara
berkelanjutan dengan cara tertentu dengan memanfaatkan jaringan
internet untuk digunakan oleh pendidik dan peserta didik sebagai
sumber informasi dalam rangka menunjang program belajar
mengajar di sekolah.
Selanjutnya, ada beberapa para ahli yang mendefinisikan
pengertian perpustakaan sekolah sebagai berikut :
1) Good mengemukakan bahwa perpustakaan sekolah merupakan
koleksi yang diorganisasikan dalam satu ruangan agar dapat
digunakan oleh murid-murid dan guru-guru.
Penyelenggaraannya, perpustakaan sekolah tersebut diperlukan
seorang pustakawan yang bisa diambil dari salah seorang guru
(Bafadal, 2005).
2) Supriyadi mengemukakan bahwa perpustakaan sekolah adalah
perpustakaan yang diselenggarakan di sekolah guna menunjang
program belajar mengajar di lembaga pendidikan formal tingkat
sekolah baik Sekolah Dasar maupunSekolah Menengah, baik
sekolah umum maupun sekolah lanjutan (Bafadal, 2005).
a. Tujuan Perpustakaan Sekolah
Bafadal (2005) mengemukakan bahwa tujuan
terselenggaranya perpustakaan sekolah adalah untuk :
1) Meningkatkan kemampuan berpikir dan menanamkan
kebiasaan belajar sesuai dengan bakat dan perkembangannya.
2) Menanamkan pengetahuan yang terpadu.
3) Memupuk saling pengertian antar peserta didik dalam kebiasaan
112