Page 123 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 123

makanan misalnya dapat dijadikan bahan hiburan, pengembangan
                  hobi  dan  femanfaatan  waktu  senggang.  Dengan  demikian  waktu-

                  waktu  yang  kosong  tidak  akan  terbuang  percuma  tanpa  kegiatan
                  (Suryosubroto, 1997).

                         Sedangkan,  Bafadal  (2005)  mengemukakan  bahwa  fungsi

                  perpustakaan sekolah adalah
                  a)     Fungsi edukatif


                         Adanya bahan-bahan pustaka di perpustakaan menbiasakan
                  peserta didik belajar mandiri, tanpa bimbingan pendidik, baik secara

                  individual  maupun  kelompok.  Perpustakaan  sekolah  dapat
                  meningkatkan ketertarikan membaca peserta didik, sehingga teknik

                  membaca semakin lama semakin dikuasai oleh peserta didik. Selain

                  itu  dalam  perpustakaan  sekolah  tersedia  buku-buku  yang  sesuai
                  dengan  kurikulum  sekolah  oleh  karena  itudapat  menunjang

                  penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
                  b)     Fungsi informasi


                         Perpustakaan  dapat  memberi  informasi  kepada  siapa  saja
                  yang membutuhkannya.

                  c)     Fungsi tanggung jawab

                         Apabila  ada  peserta  didik  yang  telah  menghilangkan

                  bukupinjamannya  harus  menggantinya,  baik  dengan  dibelikan  di

                  toko, maupun dengan memfotocopikan. Semua ini bertujuan untuk
                  mendidik peserta didik ke arah tanggung jawab.

                  d)     Fungsi riset

                         Sebagaimana  telah  di  jelaskan  terdahulu,  bahwa  didalam



                                                 115
   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128