Page 123 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 123
makanan misalnya dapat dijadikan bahan hiburan, pengembangan
hobi dan femanfaatan waktu senggang. Dengan demikian waktu-
waktu yang kosong tidak akan terbuang percuma tanpa kegiatan
(Suryosubroto, 1997).
Sedangkan, Bafadal (2005) mengemukakan bahwa fungsi
perpustakaan sekolah adalah
a) Fungsi edukatif
Adanya bahan-bahan pustaka di perpustakaan menbiasakan
peserta didik belajar mandiri, tanpa bimbingan pendidik, baik secara
individual maupun kelompok. Perpustakaan sekolah dapat
meningkatkan ketertarikan membaca peserta didik, sehingga teknik
membaca semakin lama semakin dikuasai oleh peserta didik. Selain
itu dalam perpustakaan sekolah tersedia buku-buku yang sesuai
dengan kurikulum sekolah oleh karena itudapat menunjang
penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
b) Fungsi informasi
Perpustakaan dapat memberi informasi kepada siapa saja
yang membutuhkannya.
c) Fungsi tanggung jawab
Apabila ada peserta didik yang telah menghilangkan
bukupinjamannya harus menggantinya, baik dengan dibelikan di
toko, maupun dengan memfotocopikan. Semua ini bertujuan untuk
mendidik peserta didik ke arah tanggung jawab.
d) Fungsi riset
Sebagaimana telah di jelaskan terdahulu, bahwa didalam
115