Page 124 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 124
perpustakaan tersedia banyak bahan pustaka.Adanya bahan pustaka
yang lengkap, peserta didik dan pendidikdapat melakukan riset,
yaitu mengumpulkan data atau keterangan-keterangan yang
diperlukan. Misalnya peserta didik ingin meneliti kehidupan orang-
orang pada abat ke 17 yang lalu, maka mereka dapat melakukan riset
literatur atau yang dikenal dengan sebutan “library research”.
e) Fungsi rekreatif
Adanya perpustakaan sekolah dapat berfungsi rekreatif ini
tidak berarti secara fisik mengunjungi tempat-tempat tertentu, tetapi
secara pisikologis. contohnya seorang peserta didik yang membaca
buku berjudul “Budaya Kalimantan Tengah” maka dia akan merasa
telah pernah mengunjungi Kalimantan Tengah dan telah melihat
budayanya.
F. Hasil Belajar
Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang
dalam suatu ruang untuk memperoleh pengetahuan, sikap, dan
keterampilan yang berguna bagi dirinya sendiri. Pengetahuan, sikap,
dan keterampilan yang dapat diperoleh diharapkan dapat
menimbulkan perubahan kompetensi diri, dengan belajar seseorang
mulanya tidak mampu melakukan sesuatu menjadi mampu
melakukan sesuatu, atau seeorang mulanya tidak terampil menjadi
terampil. Rusman (2014) mengemukakan bahwa belajar pada
hakikatnya proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di
sekitar individu. Sudjana mengemukakan bahwa belajar juga
merupakan proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu. teori
116