Page 126 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 126

peserta  didik  pada  dasarnya  memiliki  kondisi
                                psikologis yang berbeda-beda, tentunya hal ini turut

                                mempengaruhi  hasil  belajarnya.  Beberapa  faktor
                                psikologis meliputi intelegensi (IQ), perhatian, minat,

                                bakat, motif, motivasi, kognitif dan daya nalar peserta

                                didik.
                          2.  Faktor Eksternal

                             a.  Faktor  Lingkungan.  Faktor  lingkungan  dapat

                                mempengurhi  hasil  belajar.  Faktor  lingkungan  ini
                                meliputi  lingkungan  fisik  dan  lingkungan  sosial.

                                Lingkungan  alam  misalnya  suhu,  kelembaban  dan
                                lain-lain. Belajar pada tengah hari di ruangan  yang

                                kurang akan sirkulasi udara akan sangat berpengaruh
                                dan akan sangat berbeda pada pembelajaran pada pagi

                                hari yang kondisinya masih segar dan dengan ruangan

                                yang cukup untuk bernafas lega.
                             b.  Faktor  Instrumental.  Faktor-faktor  instrumental

                                adalah  faktor  yang  keberadaan  dan  penggunaannya
                                dirancang  sesuai  dengan  hasil  belajar  yang

                                diharapkan.  Faktor-faktor  ini  diharapkan  dapat
                                berfungsi  sebagai  sarana  untuk  tercapainya  tujuan-

                                tujuan  belajar  yang  direncanakan.  Faktor-faktor

                                instrumental ini berupa kurikulum, sarana dan guru.








                                                 118
   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131