Page 126 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 126
peserta didik pada dasarnya memiliki kondisi
psikologis yang berbeda-beda, tentunya hal ini turut
mempengaruhi hasil belajarnya. Beberapa faktor
psikologis meliputi intelegensi (IQ), perhatian, minat,
bakat, motif, motivasi, kognitif dan daya nalar peserta
didik.
2. Faktor Eksternal
a. Faktor Lingkungan. Faktor lingkungan dapat
mempengurhi hasil belajar. Faktor lingkungan ini
meliputi lingkungan fisik dan lingkungan sosial.
Lingkungan alam misalnya suhu, kelembaban dan
lain-lain. Belajar pada tengah hari di ruangan yang
kurang akan sirkulasi udara akan sangat berpengaruh
dan akan sangat berbeda pada pembelajaran pada pagi
hari yang kondisinya masih segar dan dengan ruangan
yang cukup untuk bernafas lega.
b. Faktor Instrumental. Faktor-faktor instrumental
adalah faktor yang keberadaan dan penggunaannya
dirancang sesuai dengan hasil belajar yang
diharapkan. Faktor-faktor ini diharapkan dapat
berfungsi sebagai sarana untuk tercapainya tujuan-
tujuan belajar yang direncanakan. Faktor-faktor
instrumental ini berupa kurikulum, sarana dan guru.
118