Page 125 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 125

belajar tersebut dapat disimpulankan bahwa belajar bertujuan untuk
                  melakukan perubahan berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

                  Belajar membutuhkan kegiatan dan usaha dan berhubungan dengan
                  perubahan  pengetahuan,  sikap,  dan  keterampilan  yang  dinamis

                  namun  pada  akhirnya  akan  tetap.  Perubahan  diperoleh  melalui

                  interaksi antara dirinya dengan orang lain dan lingkungan sekitar.

                      Setiap  perubahan  pengetahuan,  sikap,  dan  keterampilan  yang

                  diperoleh merupakan hasil pengalaman melakukan kegiatan.
                  Rusman (2016) mengemukakan bahwa hasil belajar adalah sejumlah

                  pengalaman yang diperoleh siswa yang mencakup ranah kognitif,
                  afektif  dan  pisikomotorik.  Hamalik  (Rusman,  2016)  yang

                  menyatakan  bahwa  hasil  belajar  itu  dapat  terlihat  dari  terjadinya
                  perubahan  dari  persepsi  dan  perilaku,  termasuk  juga  pernaikan

                  perilaku.

                      a.  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar
                            Rusman  (2016)  mengemukakan  faktor-faktor  yang

                         mempengaruhi  hasil  belajar  antara  lain  meliputi  faktor

                         internal dan faktor eksternal:
                          1.  Faktor Internal

                             a.  Faktor  Fisiologis.  Secara  umum  kondisi  fisiologis,
                                seperti kesehatan yang  prima, tidak dalam keadaan

                                lelah dan capek, tidak dalam keadaan cacat jasmani

                                dan  sebagainya.  Hal  tersebut  dapat  mempengaruhi
                                peserta didik dalam menerima materi pelajaran.

                             b.  Faktor  Psikologis.  Setiap  indivudu  dalam  hal  ini





                                                 117
   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130