Page 125 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 125
belajar tersebut dapat disimpulankan bahwa belajar bertujuan untuk
melakukan perubahan berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Belajar membutuhkan kegiatan dan usaha dan berhubungan dengan
perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dinamis
namun pada akhirnya akan tetap. Perubahan diperoleh melalui
interaksi antara dirinya dengan orang lain dan lingkungan sekitar.
Setiap perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang
diperoleh merupakan hasil pengalaman melakukan kegiatan.
Rusman (2016) mengemukakan bahwa hasil belajar adalah sejumlah
pengalaman yang diperoleh siswa yang mencakup ranah kognitif,
afektif dan pisikomotorik. Hamalik (Rusman, 2016) yang
menyatakan bahwa hasil belajar itu dapat terlihat dari terjadinya
perubahan dari persepsi dan perilaku, termasuk juga pernaikan
perilaku.
a. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Rusman (2016) mengemukakan faktor-faktor yang
mempengaruhi hasil belajar antara lain meliputi faktor
internal dan faktor eksternal:
1. Faktor Internal
a. Faktor Fisiologis. Secara umum kondisi fisiologis,
seperti kesehatan yang prima, tidak dalam keadaan
lelah dan capek, tidak dalam keadaan cacat jasmani
dan sebagainya. Hal tersebut dapat mempengaruhi
peserta didik dalam menerima materi pelajaran.
b. Faktor Psikologis. Setiap indivudu dalam hal ini
117