Page 122 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 122

pendidikan. Nurhadi mengemukakan bahwa perpustakaan berperan
                  sebagai instalasi atau sebagai sarana pendidikan yang bersifat teknis

                  edukatif, bersama-sama dengan unsur-unsur pendidikan lainnyaikut
                  menentukan terjadinya proses pendidikan (Suryosubroto, 1997).

                  d.     Fungsi Perpustakaan Sekolah

                         Soatimah mengemukakan bahwa fungsi pokok perpustakaan

                  sekolah adalah :

                 1)  Sebagai sumber belajar

                     Perpustakaan menyediakan tempat untuk belajar dan membaca

                  bahan pustaka.Dengan mengguaakan perpustakaan secara tepat guna
                  peserta  didik  dapat  memperdalam  kepemilikan  dan  penghayatan

                  pengetahuan yang telah disampaikan oleh pendidik.
                 2)  Sebagai sumber informasi


                     Dengan membaca bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan

                  pendidik  dan  peserta  didik  akan  memperoleh  informasi  yang  di
                  butuhkan baik yang berupa ilmu pengetahuan dan sebagainya.

                 3)  Sebagai sumber ilmu pengetahuan

                     Hal  ini  tampak  dalam  fungsinya  memberi  koleksi  ringan  dan

                  segar,  sehingga  memberikan  keselarasan  dan  keseimbangan
                  perkembangan pengetahuan, keterampilan nilai dan sikap

                 4)  Sumber rekreasi

                     Memberikan  kesempatan  untuk  mengembangkan  minat

                  rekreasi/hobi,  serta  pemanfaatan  waktu  senggang.Bacaan-bacaan
                  seperti  fiksi,  tulisan  ilmiah  popular,  pengetahuan  tentang  resep





                                                 114
   117   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127