Page 122 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 122
pendidikan. Nurhadi mengemukakan bahwa perpustakaan berperan
sebagai instalasi atau sebagai sarana pendidikan yang bersifat teknis
edukatif, bersama-sama dengan unsur-unsur pendidikan lainnyaikut
menentukan terjadinya proses pendidikan (Suryosubroto, 1997).
d. Fungsi Perpustakaan Sekolah
Soatimah mengemukakan bahwa fungsi pokok perpustakaan
sekolah adalah :
1) Sebagai sumber belajar
Perpustakaan menyediakan tempat untuk belajar dan membaca
bahan pustaka.Dengan mengguaakan perpustakaan secara tepat guna
peserta didik dapat memperdalam kepemilikan dan penghayatan
pengetahuan yang telah disampaikan oleh pendidik.
2) Sebagai sumber informasi
Dengan membaca bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan
pendidik dan peserta didik akan memperoleh informasi yang di
butuhkan baik yang berupa ilmu pengetahuan dan sebagainya.
3) Sebagai sumber ilmu pengetahuan
Hal ini tampak dalam fungsinya memberi koleksi ringan dan
segar, sehingga memberikan keselarasan dan keseimbangan
perkembangan pengetahuan, keterampilan nilai dan sikap
4) Sumber rekreasi
Memberikan kesempatan untuk mengembangkan minat
rekreasi/hobi, serta pemanfaatan waktu senggang.Bacaan-bacaan
seperti fiksi, tulisan ilmiah popular, pengetahuan tentang resep
114