Page 116 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 116
industri 4.0. Sebuah era baru yang menekankan pada pola digital
economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan sebagainya
atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Era 4.0 ini
akan mampu mengubah konsep pekerjaan, struktur pekerjaan, dan
kompetensi yang dibutuhkan dunia pekerjaan. Sebuah survei
perusahaan perekrutan internasional, Robert Walters, bertajuk
Salary Survey 2018 menyebutkan, fokus pada transformasi bisnis ke
platform digital telah memicu permintaan profesional sumber daya
manusia (SDM) yang memiliki kompetensi yang jauh berbeda dari
sebelumnya. Era revolusi industri 4.0 juga mengubah cara pandang
tentang pendidikan. Perubahan yang dilakukan tidak hanya sekadar
cara mengajar, tetapi jauh yang lebih esensial, yakni perubahan cara
pandang terhadap konsep pendidikan itu sendiri. Pendidikan
setidaknya harus mampu menyiapkan anak didiknya menghadapi
tiga hal: a) menyiapkan anak untuk bisa bekerja yang pekerjaannya
saat ini belum ada; b) menyiapkan anak untuk bisa menyelesaikan
masalah yang masalahnya saat ini belum muncul, dan c) menyiapkan
anak untuk bisa menggunakan teknologi yang sekarang
teknologinya belum ditemukan. Sungguh sebuah pekerjaan rumah
yang tidak mudah bagi dunia pendidikan. Untuk bisa menghadapi
semua tantangan tersebut, syarat penting yang harus dipenuhi adalah
bagaimana menyiapkan kualifikasi dan kompetensi guru yang
berkualitas. Pasalnya, di era revolusi industri 4.0 profesi guru makin
kompetitif.
C. Percaya Diri
108