Page 112 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 112
1. Saling ketergantungan yang bersifat positif antara peserta didik.
2. Interaksi antara peserta didik yang semakin meningkat.
3. Tanggung jawab individual.
4. Ketrampilan interpersonal dan kelompok kecil.
5. Proses kelompok.
Kekurangan model pembelajaran kooperatif tipe group resume
ini adalah sebagai berikut:
1. Kompetesi peserta didik kadang tidak sehat.
2. Peserta didik berkemampuan rendah akan kurang
termotivasi.
3. Peserta didik berkemampuan rendah akan sulit untuk sukses
dan semakin tertinggal.
4. Dapat membuat frustasi peserta didik lainnya.
c. Langkah –Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Group Resume
Alma, dkk, (2009) mengemukakan bahwa langkah-langkah
model pembelajaran kooperatif tipe group resume sebagai berikut :
a. Diskusi kelas yang menggunakan guru sebagai moderator.
b. Diskusi kelas yang menggunakan peserta didik sebagai
moderator.
c. Debate discussion sebelum dilaksanakan dikelas yang beser
dan banyak peserta didiknya.
d. Student center discussion, ada guru ikut tapi perenannya hanya
104