Page 112 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 112

1.  Saling ketergantungan yang bersifat positif antara peserta didik.

                  2.  Interaksi antara peserta didik yang semakin meningkat.


                  3.  Tanggung jawab individual.

                  4.  Ketrampilan interpersonal dan kelompok kecil.

                  5.  Proses kelompok.

                     Kekurangan model pembelajaran kooperatif tipe group resume

                  ini adalah sebagai berikut:


                  1.     Kompetesi peserta didik kadang tidak sehat.

                  2.     Peserta didik berkemampuan rendah akan kurang

                  termotivasi.

                  3.     Peserta didik berkemampuan rendah akan sulit untuk sukses

                  dan semakin tertinggal.
                  4.     Dapat membuat frustasi peserta didik lainnya.

                   c.  Langkah –Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

                      Group Resume
                      Alma, dkk, (2009) mengemukakan bahwa langkah-langkah

                  model pembelajaran kooperatif tipe group resume sebagai berikut :
                   a.  Diskusi kelas yang menggunakan guru sebagai moderator.

                   b.  Diskusi kelas yang menggunakan peserta didik sebagai
                      moderator.

                   c.  Debate discussion sebelum dilaksanakan dikelas yang beser

                      dan banyak peserta didiknya.
                   d.  Student center discussion, ada guru ikut tapi perenannya hanya





                                                 104
   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117