Page 108 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 108

bekerja sama dalam kelompok berempat seperti biasa, (b) Setelah
                  selesai, dua siswa dari masing-masing kelompok akan meninggalkan

                  kelompoknya dan masing-masing bertamu ke kelompok yang lain.
                  (c) Dua siswa yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan

                  hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka. (d) Tamu mohon

                  diri  dan  kembali  ke  kelompok  mereka  sendiri  dan  melaporkan
                  temuan mereka dari kelompok lain. (e) Kelompok mencocokkan dan

                  membahas  hasil-  hasil  kerja  mereka  (f)  Perwakilan  siswa
                  menyampaikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas (g) Evaluasi

                  kelompok diakhir pembelajaran.
                         Guretno     (2015)     mengemukakan       langkah-langkah

                  pelaksanaan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  Two  Stay-Two

                  Stray yaitu :
                  1) Siswa bekerja dalam kelompok yang beranggotakan 4 orang.

                  2) Setelah  selesai,  2  orang  dari  masing-masing  kelompok

                     meninggalkan  kelompoknya  untuk  kemudian  bertamu  ke
                     kelompok yang lain.

                  3) Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan
                     hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka.

                  4) Tamu  mohon  diri  dan  kembali  ke  kelompok  mereka  masing-
                     masing  dan  melaporkan  temuan  mereka  yang  diperoleh  dari

                     kelompok yang lain.

                  5) Kelompok mencocokkan dan membahas hasil-hasil kerja mereka
                  H.  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group resume


                      Alma, dkk (2009) mengemukakan bahwa Model pembelajaran
                  kooperatif tipe Group resume adalah peserta didik yang dibentuk



                                                 100
   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113