Page 108 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 108
bekerja sama dalam kelompok berempat seperti biasa, (b) Setelah
selesai, dua siswa dari masing-masing kelompok akan meninggalkan
kelompoknya dan masing-masing bertamu ke kelompok yang lain.
(c) Dua siswa yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan
hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka. (d) Tamu mohon
diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan
temuan mereka dari kelompok lain. (e) Kelompok mencocokkan dan
membahas hasil- hasil kerja mereka (f) Perwakilan siswa
menyampaikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas (g) Evaluasi
kelompok diakhir pembelajaran.
Guretno (2015) mengemukakan langkah-langkah
pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two
Stray yaitu :
1) Siswa bekerja dalam kelompok yang beranggotakan 4 orang.
2) Setelah selesai, 2 orang dari masing-masing kelompok
meninggalkan kelompoknya untuk kemudian bertamu ke
kelompok yang lain.
3) Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan
hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka.
4) Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka masing-
masing dan melaporkan temuan mereka yang diperoleh dari
kelompok yang lain.
5) Kelompok mencocokkan dan membahas hasil-hasil kerja mereka
H. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group resume
Alma, dkk (2009) mengemukakan bahwa Model pembelajaran
kooperatif tipe Group resume adalah peserta didik yang dibentuk
100