Page 103 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 103

kedalam tiga bagian 1) daftar, terdiri dari daftar baik buruk, daftar
                  tingkat  urutan,  daftar  skala  sikap,  daftar  gejala  kontinum,  daftar

                  gejala sikap pelakonan, 2) analisis, terdiri dari percontohan, teknik
                  liputan, tanya jawab nilai, analisis nilai, inquiry nilai, 3) permainan

                  games, terdiri dari permainan andai-andai, permainan pecahan kartu

                  segi  empat  (the  broken  square),  permainan  bank  data  dan  jurnal
                  harian,  permainan  kartu  keyakinan,  permainan  mendengar  dan

                  menyimak orang lain (Solihatin, 2012).
                  E.  Model Pembelajaran Pengembangan Keterampilan

                      Kewarganegaraan (Civic Skills) dan Pembelajaran Kreatif

                      dan Produktif
                      Pengembangan      Keterampilan    Kewarganegaraan      adalah

                  program dan proses pendidikan yang mengembangkan keterampilan
                  warga  negara  untuk  melaksanakan  demokrasi.  Langkah-langkah

                  pembelajarannya  yaitu  1)  Merumuskan  tujuan  pembelajaran;  2)

                  merumuskan materi PKn; 3) Merumuskan peta konsep materi PKn;
                  4) mengembangkan alat evaluasi yang berbasis proses pembelajaran;

                  5)  pengembangan  media  pembelajaran  sesuai  karakteristik  materi
                  pembelajaran.

                      Solihatin  (2012)  mengemukakan  pembelajaran  kreatif  dan
                  produktif merupakan model yang dikembangkan dengan mengacu

                  kepada  berbagai  pendekatan  pembelajaran  yang  diasumsikan

                  mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Pendekatan
                  tersebut  antara  lain:  belajar  aktif,  kreatif,    konstruktif,  serta

                  kolaboratif  dan  kooperatif.  Karakteristik  penting  dari  setiap
                  pendekatan  tersebut  diintegrasikan  sehingga  menghasilkan  satu




                                                  95
   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107   108