Page 103 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 103
kedalam tiga bagian 1) daftar, terdiri dari daftar baik buruk, daftar
tingkat urutan, daftar skala sikap, daftar gejala kontinum, daftar
gejala sikap pelakonan, 2) analisis, terdiri dari percontohan, teknik
liputan, tanya jawab nilai, analisis nilai, inquiry nilai, 3) permainan
games, terdiri dari permainan andai-andai, permainan pecahan kartu
segi empat (the broken square), permainan bank data dan jurnal
harian, permainan kartu keyakinan, permainan mendengar dan
menyimak orang lain (Solihatin, 2012).
E. Model Pembelajaran Pengembangan Keterampilan
Kewarganegaraan (Civic Skills) dan Pembelajaran Kreatif
dan Produktif
Pengembangan Keterampilan Kewarganegaraan adalah
program dan proses pendidikan yang mengembangkan keterampilan
warga negara untuk melaksanakan demokrasi. Langkah-langkah
pembelajarannya yaitu 1) Merumuskan tujuan pembelajaran; 2)
merumuskan materi PKn; 3) Merumuskan peta konsep materi PKn;
4) mengembangkan alat evaluasi yang berbasis proses pembelajaran;
5) pengembangan media pembelajaran sesuai karakteristik materi
pembelajaran.
Solihatin (2012) mengemukakan pembelajaran kreatif dan
produktif merupakan model yang dikembangkan dengan mengacu
kepada berbagai pendekatan pembelajaran yang diasumsikan
mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Pendekatan
tersebut antara lain: belajar aktif, kreatif, konstruktif, serta
kolaboratif dan kooperatif. Karakteristik penting dari setiap
pendekatan tersebut diintegrasikan sehingga menghasilkan satu
95