Page 99 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 99

Winataputra (2009) mengemukakan beberapa langkah yang harus
                  ditempuh baik oleh siswa maupun oleh peserta didik maupun guru

                  sebagai berikut.
                          Tabel 8.Langkah-Langkah Pembelajaran Portofolio


                   Tahapan        Peserta Didik                  Guru

                     I    Mengidentifikasi Masalah-   Mengidentifikasi Masalah-
                          Masalah                     Masalah
                          Kebijakan Publik di Masyarakat  Kebijakan Publik di Masyarakat
                     II   Memilih Masalah untuk Kajian   Memilih Masalah untuk Kajian
                          Kelas                       Kelas
                    III   Mengumpulkan  Informasi     Mengumpulkan  Informasi
                          tentang                     tentang
                          Masalah yang akan dikaji kelas   Masalah yang akan dikaji kelas
                    IV    Membuat Portofolio Kelas    Membuat Portofolio Kelas
                     V    Menyajikan Portofolio       Menyajikan Portofolio
                    VI    Merefleksi pada Pengalaman   Merefleksi pada Pengalaman
                          Belajar                     Belajar


                  B.  Model Pembelajaran Tematik

                      Model  pembelajaran  ini  mencoba  belajar  melalui  tema-tema
                  yang  dikembangkan  sesuai  dengan  kurikulum.  Tema  merupakan

                  wahana  untuk  mengidentifikasi  integrasi  berbagai  dasar  materi
                  kepada  peserta  didik  selengkapnya.  Tematik  diberikan  dengan

                  maksud menyatukan konten kurikulum dalam unit-unit atau satuan-

                  satuan  yang  utuh  dan  membuat  pembelajaran  lebih  terpadu,
                  bermakna, dan mudah dipaham oleh peserta didik (Rusman, 2014).

                  Tema  diambil  dari  berbagai  pengalaman  belajar  peserta  didik.

                  Pembelajaran  tematik  merupakan  salah  satu  model  dalam
                  pembelajaran terpadu (integrated instruction) yang merupakan suatu

                  sistem pembelajaran yang memungkinkan peserta didik, baik secara




                                                  91
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104