Page 95 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 95
baik dalam kelompok kecil maupun kelas secara keseluruhan.
Portofolio kelas berisi bahan-bahan seperti pernyataan-pernyataan
tertulis, peta, grafik, fotografi, dan karya seni asli. Bahan-bahan ini
menggambarkan:
1. Hal-hal yang telah dipelajari peserta didik berkenaan dengan
suatu masalah yang telah mereka pilih;
2. Hal-hal yang telah dipelajari peserta didik berkenaan dengan
alternatif- alternatif pemecahan terhadap masalah tersebut;
3. Kebijakan publik yang telah dipilih atau dibuat oleh peserta
didik untuk mengatasi masalah tersebut;
4. Rencana tindakan yang telah dibuat peserta didik untuk
digunakan dalam mengusahakan agar pemerintahan menerima
kebijakan yang mereka usulkan.
Pembelajaran PKn yang berbasis model pembelajaran
portofolio memperkenalkan kepada para peserta didik dan mendidik
mereka dengan metode dan langkah-langkah yang digunakan dalam
proses politik. Pembelajaran ini bertujuan untuk membina komitmen
aktif para peserta didik terhadap kewarganegaraannya dan
pemerintahannya dengan cara:
1. Membekali pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan
untuk berpartisipasi secara efektif;
2. membekali pengalaman praktis yang dirancang untuk
mengembangkan kompetensi dan efektivitas partisipasi;
3. mengembangkan pemahaman akan pentingnya partisipasi
warga negara.
87