Page 95 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 95

baik  dalam  kelompok  kecil  maupun  kelas  secara  keseluruhan.
                  Portofolio kelas berisi bahan-bahan seperti pernyataan-pernyataan

                  tertulis, peta, grafik, fotografi, dan karya seni asli. Bahan-bahan ini
                  menggambarkan:

                   1.  Hal-hal yang telah dipelajari peserta didik berkenaan dengan

                      suatu masalah yang telah mereka pilih;
                   2.  Hal-hal yang telah dipelajari peserta didik berkenaan dengan

                      alternatif- alternatif pemecahan terhadap masalah tersebut;
                   3.  Kebijakan publik yang telah dipilih atau dibuat oleh peserta

                      didik untuk mengatasi masalah tersebut;
                   4.  Rencana tindakan yang telah dibuat peserta didik untuk

                      digunakan dalam mengusahakan agar pemerintahan menerima

                      kebijakan yang mereka usulkan.
                      Pembelajaran  PKn  yang  berbasis  model  pembelajaran

                  portofolio memperkenalkan kepada para peserta didik dan mendidik

                  mereka dengan metode dan langkah-langkah yang digunakan dalam
                  proses politik. Pembelajaran ini bertujuan untuk membina komitmen

                  aktif  para  peserta  didik  terhadap  kewarganegaraannya  dan
                  pemerintahannya dengan cara:

                   1.  Membekali pengetahuan dan  keterampilan  yang  diperlukan
                      untuk berpartisipasi secara efektif;

                   2.  membekali  pengalaman  praktis  yang  dirancang  untuk

                      mengembangkan kompetensi dan efektivitas partisipasi;
                   3.  mengembangkan  pemahaman  akan  pentingnya  partisipasi

                      warga negara.





                                                  87
   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100