Page 98 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 98
Kelompok ini bertanggungjawab untuk membuat suatu rencana
tindakan yang menunjukkan bagaimana warga negara dapat
mempengaruhi pemerintah untuk menerima kebijakan yang
didukung kelas.
Bagaimana kedudukan dari portofolio tersebut? Karya dari keempat
kelompok akan diutamakan pada portofolio kelas. Karya tersebut
memiliki dua seksi: Seksi Penayangan dan Seksi Dokumentasi.
1. Seksi Penayangan. Untuk seksi ini hasil karya (hasil
penelitian dan pengumpulan informasi) masing-masing dari
keempat kelompok ditempelkan pada satu bidang panel dari papan
tayangan empat-panel. Tayangan ini dibuat sedemikian rupa
sehingga dapat diletakkan di atas meja, papan buletin atau pada
empat kuda-kuda.
Bahan-bahan yang ditayangkan dapat meliputi pernyataan-
pernyataan tertulis, daftar sumber, peta, grafik, photo, karya seni
asli, dan sebagainya.
2. Seksi Dokumentasi. Masing-masing dari keempat kelompok
harus memilih dari bahan-bahan yang terkumpul, bahan-bahan
terbaik yang mendokumentasikan atau memberi bukti penelitiannya.
Bahan-bahan yang termasuk ke dalam seksi dokumen harus
mewakili contoh-contoh penelitian terpenting dan/atau paling
bermakna yang telah dikerjakan peserta didik. Tidak semua
penelitian harus dimasukkan. Bahan-bahan ini dimasukkan ke dalam
sebuah map jepit. Gunakan pemisah berwarna beda untuk
memisahkan keempat seksi dokumentasi dari keempat kelompok
portofolio tersebut (Winataputra, dkk, 2008).
90