Page 102 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 102

sebagai media internalisasi dan personalisasi suatu nilai dan moral.
                  VCT akan memberikan pemahaman dan penyadaran pemilikan nilai

                  serta  kemampuan  untuk  menggunakannya  dalam  memecahkan
                  masalah-masalah yang kehidupan berhubungan dengan sistem nilai.

                  Cheppy  (1988)  mengemukakan  Model  VCT-GAMES  sebagian

                  besar  dikembangkan  dalam  alam  liberalisme  dan  dari  konsep
                  teoretisnya, VCT-Games berkembang dan mendasar teorinya yang

                  tampak kurang mapan dan komprehensif tentang nilai-nilai sebagai
                  berikut.


                  1.  Nilai pada dasarnya sebagai persoalan-persoalan pribadi yang
                      menyangkut  perhatian,  refleksi  dan  pilihan-pilihan  serta

                      membuang jauh-jauh determinasi konteks sosial dan

                  2.  Tidak  ada  satupun  prinsip-prinsip  moral  atau  nilai  yang

                      konklusif,  disepakati  banyak  kalangan,  dan  definitive
                      (Solihatin, 2012).

                      Dengan  dua  asumsi  di  atas,  jelaslah  bahwa  para  teoretis
                  klasifikasi  nilai  ingin  menempatkan  persamaan  individu  dalam

                  mengambil keputusan tentang nilai-nilai berada di atas dan menolak
                  pengaruh kelompok yang berada pada pranata-pranata sosial yang

                  lebih mapan.

                      Langkah-langkah  pembelajaran  VCT  yaitu  1)  pemilihan
                  (choosing); 2) merasakan (prizing), dan 3) melakukan (acting). Hal

                  tersebut dilakukan melalui metode percontohan, pembuatan daftar,

                  dan menilai naskah tulisan.
                  Kosasih  (1995)  mengklasifikasi  sebagai  model  VCT-Games





                                                  94
   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107