Page 100 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 100
individual maupun kelompok, aktif menggali dan menemukan
konsepserta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan
autentik.Pembelajaran ini berdasarkan dari teori pembelajaran yang
menolak latihan atau hafalan sebagai dasar pembentukan
pengetahuan dan struktur intelektual peserta didik.
Rusman (2014) mengemukakan bahwa model pembelajaran
tematik adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan
pendekatan tematik yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk
memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik. Langkah-
langkah model pembelajaran ini yaitu:
1. Menetapkan Mata Pelajaran yang akan dipadukan;
2. Mempelajari kompetensi dasar dan indikator dari mata
pelajaran yang akan dipadukan;
3. Memilih dan menetapkan tema pemersatu;
4. Membuat matriks atau bagan hubungan kompetensi dasar
dan tema pemersatu;
5. Menyusun silabus pembelajaran tematik;
6. Menyusun rencana pembelajaran tematik;
7. Pengelolaan kelas
C. Model Pembelajaran Moral Pancasila Industri 4.0
Winataputra (2009) mengemukakan Moral adalah keharusan
perilaku yang dibawakan oleh nilai. Soedarsono (2010) Pancasila
harus disepakati menjadi: (i) dasar negara, (ii) pandangan hidup
bangsa, (iii) kepribadian bangsa, (iv) jiwa bangsa, (v) tujuan yang
akan dicapai, (vi) perjanjian luhur bangsa, (vii) asas kehidupan
92