Page 104 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 104
model yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan kreativitas
untuk menghasilkan produk yang bersumber dari pemahaman
mereka terhadap konsep yang sedang dikaji.
Tabel 9. Langkah-Langkah Pembelajran Kreatif dan Produktif
No Tujuan Materi Tatap Muka Terstruktur & Penilaian
Mandiri
1 Memilih Dongeng Orientasi dari dosen Eksplorasi:selama Dongeng yang
dongeng/cerita cerita rakyat, satu didapat
tulisan & minggu/individual
lisan
2 Mencari sumber Dongeng yang Eksplorasi: Eksplorasi: latihan Tes perbuatan
dongeng/cerita didapat kelompok dan individual
klasikal
3 Mengidentifikasi Ungkapan Interprestasi: diskusi Interprestasi: kerja Tertulis
Ungkapan Klasik klasik dalam kelompok/klasik individual (pemahaman
dongeng terhadap
pesan moral)
4 Menemukan Pesan moral Interprestasi: diskusi Interprestasi: kerja Tes tertulis
pesan moral dan benda- kelompok/klasikal individual (pemahaman
dalam dongeng benda terkait terhadap pesan
yang dibaca moral)
5 Mengubah Dongeng Re-kreasi: presentasi Kerja individual Hasil Re- kreasi
dongeng dalam dan panjangan (merekreasikan
bentuk lain dongeng)
F. Model Pembelajaran Take and Give
Menurut Shoimin (2014) Model Take And Give merupakan
proses pembelajaran yang berusaha mengaitkan pengetahuan baru
dengan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik. Menurut Said,
dkk (2015) mengemukakan bahwa Model take and give (memberi
dan menerima) adalah penguasan materi pelajaran melalui kartu,
berpasang-pasangan dengan saling bertukar informasi dan
pengevaluasian yang bertujuan mengetahui pengetahuan atau
penguasaan peserta didik terhadap materi yang diberikan di dalam
kartu dan kartu pasangannya. Model take and give merupakan model
96