Page 104 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 104

model yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan kreativitas
                  untuk  menghasilkan  produk  yang  bersumber  dari  pemahaman

                  mereka terhadap konsep yang sedang dikaji.
                  Tabel 9. Langkah-Langkah Pembelajran Kreatif dan Produktif


                   No    Tujuan     Materi    Tatap Muka    Terstruktur &   Penilaian
                                                              Mandiri
                   1  Memilih     Dongeng   Orientasi dari dosen  Eksplorasi:selama   Dongeng  yang
                      dongeng/cerita   cerita  rakyat,    satu          didapat
                                  tulisan &               minggu/individual
                                  lisan
                   2  Mencari  sumber  Dongeng yang  Eksplorasi:   Eksplorasi:  latihan  Tes perbuatan
                      dongeng/cerita   didapat   kelompok dan   individual
                                            klasikal
                   3  Mengidentifikasi  Ungkapan   Interprestasi:  diskusi  Interprestasi:  kerja  Tertulis
                      Ungkapan Klasik  klasik dalam  kelompok/klasik   individual   (pemahaman
                                  dongeng                               terhadap
                                                                        pesan moral)
                   4  Menemukan   Pesan  moral  Interprestasi:  diskusi  Interprestasi:  kerja  Tes   tertulis
                      pesan   moral  dan benda-   kelompok/klasikal   individual   (pemahaman
                      dalam  dongeng  benda terkait                     terhadap  pesan
                      yang dibaca                                       moral)
                   5  Mengubah    Dongeng   Re-kreasi:  presentasi  Kerja   individual  Hasil Re- kreasi
                      dongeng dalam         dan panjangan   (merekreasikan
                      bentuk lain                         dongeng)



                  F.  Model Pembelajaran Take and Give

                      Menurut  Shoimin  (2014)  Model  Take  And  Give  merupakan

                  proses pembelajaran yang berusaha mengaitkan pengetahuan baru
                  dengan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik. Menurut Said,

                  dkk (2015) mengemukakan bahwa Model take and give (memberi
                  dan  menerima)  adalah  penguasan  materi  pelajaran  melalui  kartu,

                  berpasang-pasangan  dengan  saling  bertukar  informasi  dan

                  pengevaluasian  yang  bertujuan  mengetahui  pengetahuan  atau
                  penguasaan peserta didik terhadap materi yang diberikan di dalam

                  kartu dan kartu pasangannya. Model take and give merupakan model





                                                  96
   99   100   101   102   103   104   105   106   107   108   109