Page 109 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 109
kelompok yang diberi tugas membuat resume atau rangkuman dari
materi pelajaran, kemudian melaporkan hasil resumenya tersebut.
Isjoni (2009) mengemukakan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe group resume yaitu model ini akan menjadikan interaksi antar
peserta didik lebih baik, kelas dibagi ke dalam kelompok –
kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3-6 orang peserta didik.
Berikan penekanan bahwa mereka adalah kelompok yang
bagus, baik bakat atau pun kemampuannaya di kelas. Biarkan
kelompok-kelompok tersebut membuat kesimpulan yang
didalamnya terdapat materi. Kemudian setiap kelompok diminta
untuk mempresentasikan kesimpulan hasil kelompok mereka.
a. Tujuan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Resume
Sanjaya (2009) mengemukakan bahwa tujuan model
pembelajaran koopertif tipe group resume sebagai berikut :
b. Adanya peserta didik dalam kelompok
c. Adanya aturan kelompok
d. Adanya upaya belajar setiap anggota kelompok
e. Adanya tujuan yang harus dicapai
Slavin mengemukakan bahwa tujuan model pembelajaran
koopertif tipe group resume dapat meningkatkan prestasi belajar
peserta didik sekaligus dapat meningkatkan hubungan sosial,
menumbuhkan sikap menerima kekurangan diri dan orang lain, serta
dapat meningkatkan harga diri (Sanjaya, 2009).
101