Page 109 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 109

kelompok yang diberi tugas membuat resume atau rangkuman dari
                  materi pelajaran, kemudian melaporkan hasil  resumenya tersebut.

                  Isjoni (2009) mengemukakan bahwa model pembelajaran kooperatif
                  tipe group resume yaitu model ini akan menjadikan interaksi antar

                  peserta  didik  lebih  baik,  kelas  dibagi  ke  dalam  kelompok  –

                  kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3-6 orang peserta didik.

                      Berikan  penekanan  bahwa  mereka  adalah  kelompok  yang

                  bagus,  baik  bakat  atau  pun  kemampuannaya  di  kelas.  Biarkan
                  kelompok-kelompok      tersebut   membuat     kesimpulan     yang

                  didalamnya  terdapat  materi.  Kemudian  setiap  kelompok  diminta
                  untuk mempresentasikan kesimpulan hasil kelompok mereka.

                   a.  Tujuan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group

                      Resume
                      Sanjaya (2009) mengemukakan bahwa tujuan  model

                  pembelajaran koopertif tipe group resume sebagai berikut :
                  b.     Adanya peserta didik dalam kelompok


                  c.     Adanya aturan kelompok

                  d.     Adanya upaya belajar setiap anggota kelompok


                  e.     Adanya tujuan yang harus dicapai

                      Slavin  mengemukakan  bahwa  tujuan  model  pembelajaran

                  koopertif  tipe  group  resume  dapat  meningkatkan  prestasi  belajar
                  peserta  didik  sekaligus  dapat  meningkatkan  hubungan  sosial,

                  menumbuhkan sikap menerima kekurangan diri dan orang lain, serta
                  dapat meningkatkan harga diri (Sanjaya, 2009).





                                                 101
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114