Page 105 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 105
pembelajaran yang menuntut peserta didik memahami materi
pelajaran yang diberikan guru dan melalui teman. Menurut Huda
(2013:241) berpendapat bahwa Model Take And Give diartikan
saling memberi dan saling menerima”. Take And Give merupakan
model pembelajaran yang didukung oleh penyajian data yang
diawali dengan pemberian kartu kepada peserta didik. Di dalam
kartu, ada catatan yang harus dikuasai atau dihafalkan masing-
masing peserta didik. Peserta didik kemudian mencari pasangannya
masing-masing untuk bertukar pengetahuan sesuai dengan apa yang
didapatnya di dalam kartu.
G. Model Pembelajaran Two Stay Two Stray
Suprijono (2009) mengemukakan bahwa model pembelajaran
Two Stay Two Stray adalah pembelajaran yang diawali dengan
pembagian kelompok.Setelah kelompok terbentuk guru memberikan
tugas berupa permasalahan-permasalahan yang harus mereka
diskusikan jawabannya. Setelah diskusi intrakelompok usai, dua
orang dari masing-masing kelompok meninggalkan kelompoknya
untuk bertamu kepada kelompok lain. Anggota kelompok yang tidak
mendapat tugas sebagai duta (tamu) mempunyai kewajiban
menerima tamu dari suatu kelompok.tugas mereka adalah
menyajikan hasil kerja kelompoknya kepada tamu tersebut.
Dua orang yang bertugas sebagai tamu diwajibkan bertamu
kepada semua kelompok.Jika mereka telah usai menunaikan
tugasnya, mereka kembali kekelompoknya masing-masing.Setelah
kembali ke kelompok asal, baik peserta didik yang bertugas bertamu
97