Page 106 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 106

maupun  mereka  yang  bertugas  menerima  tamu  mencocokan  dan
                  membahas hasil kerja yang telah mereka tunaikan.


                      Mirza  (Irma  yuniar  wardhani,  dkk,  2012:  43)  “bahwa  model
                  pembelajaran  ini  dapat  meningkatkan  kelima  unsur  proses

                  pembelajaran  kooperatif  yang  terdiri  atas:  saling  ketergantungan
                  positif, tanggung jawab perseorangan, tatap muka, komunikasi antar

                  kelompok dan evaluasi proses kelompok”.

                      Model  pembelajaran  Two  Stay  Two  Straymerupakan

                  modelpembelajaran  yang  menuntut  Peserta  Didik  aktif  dalam

                  pembelajaran  dimana  Peserta  Didik  dibentuk  menjadi  kelompok
                  kecil yang masing-masing Peserta Didik dalam kelompok tersebut

                  mempunyai  tugas  sebagai  tamu  dan  penerima  tamu  untuk
                  mewawancarai  kelompok  lain  tentang  materi  yang  baru  dibahas,

                  Konsep pemahaman sangat diperlukan dalam model pembelajaran
                  ini.

                   a.  Kelebihan dan Kelemahan Model Two Stay Two Stray


                      Wardhani,  dkk,  (2012)  mengemukakan  bahwa  adapun

                  kelebihan  dari  pembelajaran  kooperatif  tipe  Two  Stay  Two  Stray
                  adalah  sebagai  berikut:  model  ini  dapat  diterapkan  pada  semua

                  kelas/tingkatan;  lebih  berorientasi  pada  keaktifan  siswa;  dapat

                  menciptakan interaksi positif antar siswa dan antara guru dengan
                  siswa,  sehingga  iklim  pembelajaran  menjadi  lebih  kondusif;

                  membantu  meningkatkan  minat  dan  motivasi  belajar  siswa;
                  memberikan kesempatan terhadap siswa untuk menemukan konsep





                                                  98
   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111