Page 113 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 113

mengawasi dan mendorong agar peserta didik berani. Duru
                      mendorong peserta didik meningkatkan daya pikir dalam

                      kelompok peserta didik dalam berdiskusi.
                      Sanjaya (2009) mengemukakan bahwa langkah – langkah

                  model pembelajaran kooperatif tipe group resume :

                  1.     Menjelaskan materi

                  2.     Belajar dalam kelompok

                  3.     Penilaian


                  4.     Pengakuan tim


                  Evaluasi!

                  1.  Kognitif, pelajari dan buatlah tulisan tentang model,

                      pendekatan, strategi, atau metode pembelajaran (pilih salah
                      satu)!


                  2.  Afektif, jelaskan karakter apa sajakah yang harus diterapkan
                      dalam pembelajaran PKn sesuai K13?

                  Ujian Tengah Semester

                  Individu, kognitif dan afektif, Buatlah tulisan tentang model

                  pembelajaran kemudian dipraktikkan.
                  Kelompok,  Psikomotor,  buat  kelompok  terdiri  dari  2-4  orang,

                  kemudian susunlah rancangan RPP sesuai K13 (pilih salah satu kelas

                  boleh  kelas  rendah  atau  kelas  tinggi),  kemudian  di  praktikkan  di
                  depan kelas.







                                                 105
   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118