Page 113 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 113
mengawasi dan mendorong agar peserta didik berani. Duru
mendorong peserta didik meningkatkan daya pikir dalam
kelompok peserta didik dalam berdiskusi.
Sanjaya (2009) mengemukakan bahwa langkah – langkah
model pembelajaran kooperatif tipe group resume :
1. Menjelaskan materi
2. Belajar dalam kelompok
3. Penilaian
4. Pengakuan tim
Evaluasi!
1. Kognitif, pelajari dan buatlah tulisan tentang model,
pendekatan, strategi, atau metode pembelajaran (pilih salah
satu)!
2. Afektif, jelaskan karakter apa sajakah yang harus diterapkan
dalam pembelajaran PKn sesuai K13?
Ujian Tengah Semester
Individu, kognitif dan afektif, Buatlah tulisan tentang model
pembelajaran kemudian dipraktikkan.
Kelompok, Psikomotor, buat kelompok terdiri dari 2-4 orang,
kemudian susunlah rancangan RPP sesuai K13 (pilih salah satu kelas
boleh kelas rendah atau kelas tinggi), kemudian di praktikkan di
depan kelas.
105