Page 97 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 97

Masalah  yang  akan  dikaji  oleh  kelas;  dan  4.  Mengembangkan
                  Portofolio Kelas (Winataputra, 2009).

                  Model  pembelajaran  ini  perlu  disesuaikan  dengan  kondisi
                  lingkungan  dan  kebutuhan  peserta  didik  bahkan  tingkat

                  perkembangannya.  Guru  dapat  memodifikasi  model  dengan  tidak

                  mengubah  prinsip-prinsip  pokok.  Dalam  pembelajaran  PKn  yang
                  berbasis portofolio, kelas dibagi ke dalam empat kelompok. Setiap

                  kelompok bertanggungjawab untuk membuat satu bagian portofolio
                  kelas. Adapun tugas kelompok-kelompok tersebut.

                  1.     Kelompok Portofolio Satu: Menjelaskan Masalah

                  Kelompok portofolio satu ini bertanggungjawab untuk menjelaskan

                  masalah yang telah dipilih untuk dikaji oleh kelas. Kelompok ini pun

                  harus menjelaskan mengapa masalah tersebut penting dan mengapa
                  lembaga pemerintahan tersebut harus menangani masalah tersebut.

                  2.     Kelompok Portofolio Dua: Menilai Kebijakan Alternatif
                  yang Diusulkan unntuk Memecahkan Masalah

                  Kelompok ini bertanggungjawab untuk menjelaskan kebijakan saat

                  ini dan/atau kebijakan alternatif yang dirancang untuk memecahkan
                  masalah.

                  3.     Kelompok Portofolio Tiga: Membuat Satu Kebijakan
                  Publik yang akan Didukung oleh Kelas

                  Kelompok  ini  bertanggungjawab  untuk  membuat  satu  kebijakan
                  publik tertentu yang disepakati untuk didukung oleh mayoritas kelas

                  serta melakukan justifikasi terhadap kebijakan tersebut.

                  4.     Kelompok Portofolio Empat: Membuat Suatu Rencana
                  Tindakan agar Pemerintah Mau Menerima Kebijakan Kelas



                                                  89
   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102