Page 92 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 92
dan baik serta mampu mendukung keberlangsungan bangsa dan
negara.
a. Ciri-ciri Model Pembelajaran
Rusman (2014) Model pembelajaran mempunyai tiga ciri
khusus yang membedakan dengan strategi, metode atau prosedur.
Ciri-ciri tersebut ialah :
1) Berdasarkan teori pendidikan dan teori belajar dari para ahli
tertentu. Sebagai contoh, model penelitian kelompok disusun oleh
Herbert Thelen dan berdasarkan teori Jhon Dewey. Model ini
dirancang untuk melatih partisipasi dalam kelompok secara
demokratis.
2) Mempunyai misi atau tujuan pendidikan tertentu, misalanya
model berpikir induktif dirancang untuk mengembangkan proses
berpikir induktif.
3) Dapat dijadikan pedoman untuk perbaikan kegiatan belajar
mengajar di kelas, misalnya model synetic dirancang untuk
memperbaiki kretaivitas dalam pelajaran mengarang.
4) Memiliki bagian-bagian model yang dinamakan: (1) urutan
langkah- langkah pembelajaran (syntax); (2) adanya prinsip-prinsip
reaksi; (3) sistem social; dan (4) system dukung. Keempat bagian
tersebar merupakan pedoman praktis bila guru akan
melaksanakansuatu model pembelajaran.
5) Memiliki damapak sebagai akibat terapan model
pembelajaran. Dampak tersebut meliputi: (1) Dampak pembelajaran,
yaitu hasil belajar yang dapat diukur; (2) Dampak pengiring, yaitu
hasil belajar jangka panjang.
84