Page 92 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 92

dan  baik  serta  mampu  mendukung  keberlangsungan  bangsa  dan
                  negara.

                  a.  Ciri-ciri Model Pembelajaran
                      Rusman (2014) Model pembelajaran mempunyai tiga ciri

                  khusus yang membedakan dengan strategi, metode atau prosedur.

                  Ciri-ciri tersebut ialah :
                  1)     Berdasarkan teori pendidikan dan teori belajar dari para ahli

                  tertentu. Sebagai contoh, model penelitian kelompok disusun oleh
                  Herbert  Thelen  dan  berdasarkan  teori  Jhon  Dewey.  Model  ini

                  dirancang  untuk  melatih  partisipasi  dalam  kelompok  secara
                  demokratis.

                  2)     Mempunyai misi atau tujuan pendidikan tertentu, misalanya

                  model  berpikir  induktif  dirancang  untuk  mengembangkan  proses
                  berpikir induktif.

                  3)     Dapat dijadikan pedoman untuk perbaikan kegiatan belajar

                  mengajar  di  kelas,  misalnya  model  synetic  dirancang  untuk
                  memperbaiki kretaivitas dalam pelajaran mengarang.

                  4)     Memiliki bagian-bagian model yang dinamakan: (1) urutan

                  langkah- langkah pembelajaran (syntax); (2) adanya prinsip-prinsip
                  reaksi; (3) sistem social; dan (4) system dukung. Keempat bagian

                  tersebar   merupakan     pedoman     praktis   bila   guru   akan

                  melaksanakansuatu model pembelajaran.
                  5)     Memiliki  damapak  sebagai  akibat  terapan  model

                  pembelajaran. Dampak tersebut meliputi: (1) Dampak pembelajaran,
                  yaitu hasil belajar yang dapat diukur; (2) Dampak pengiring, yaitu

                  hasil belajar jangka panjang.



                                                  84
   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97