Page 94 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 94
(Samani, dkk, 2017).
c. Model Pembelajaran Portofolio Era Industri 4.0
Fajar (2004) mengemukakan bahwa portofolio adalah suatu
kumpulan pekerjaan peserta didik dengan maksud tertentu dan
terpadu yang diseleksi menurut panduan-panduan yang ditentukan.
Panduan-panduan ini beragam tergantung pada mata pelajaran dan
tujuan penilaian portofolio. Winataputra (2009) mengemukakan
pembelajaran portofolio adalah sebuah inovasi dalam pembelajaran
PKn sebagai wujud nyata dari pembelajaran kontekstual.
Pembelajaran Portofolio mengandalkan keaktifan peserta didik
untuk terjun ke lapangan guna menghubungkan antara tekstual
dengan kontekstual dibawah bimbingan guru guna memperoleh
sebuah pengalaman langsung yang hasilnya harus disajikan di kelas
oleh masing-masing kelompok peserta didik dengan masalah yang
dipilih. Dikaitkan dengan era industri 4.0 maka pembelajaran ini
harus berbasis internet sebagai bahan materi pendamping.
Winataputra (2009) mengemukakan Portofolio, berasal dari
Bahasa Inggris portofolio berarti kumpulan hasil karya peserta didik
yang menyajikan kemajuan, pencapaian dan prestasi masing-masing
peserta didik yang mencakup partisipasi peserta didik dalam
memilih muatan Portofolio, kriteria seleksi, kriteria penilaian, dan
fakta-fakta yang menggambarkan diri para peserta didik. Fajar
(2004) mengemukakan Portofolio dalam pembelajaran PKn
merupakan kumpulan informasi yang tersusun dengan baik yang
menggambarkan rencana kelas peserta didik berkenaan dengan suatu
isu kebijakann publik yang telah diputuskan untuk dikaji mereka,
86