Page 94 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 94

(Samani, dkk, 2017).
                  c.  Model Pembelajaran Portofolio Era Industri 4.0

                      Fajar  (2004)  mengemukakan  bahwa  portofolio  adalah  suatu
                  kumpulan  pekerjaan  peserta  didik  dengan  maksud  tertentu  dan

                  terpadu yang diseleksi menurut panduan-panduan yang ditentukan.

                  Panduan-panduan ini beragam tergantung pada mata pelajaran dan
                  tujuan  penilaian  portofolio.  Winataputra  (2009)  mengemukakan

                  pembelajaran portofolio adalah sebuah inovasi dalam pembelajaran
                  PKn  sebagai  wujud  nyata  dari  pembelajaran  kontekstual.

                  Pembelajaran  Portofolio  mengandalkan  keaktifan  peserta  didik
                  untuk  terjun  ke  lapangan  guna  menghubungkan  antara  tekstual

                  dengan  kontekstual  dibawah  bimbingan  guru  guna  memperoleh

                  sebuah pengalaman langsung yang hasilnya harus disajikan di kelas
                  oleh masing-masing kelompok peserta didik dengan masalah yang

                  dipilih.  Dikaitkan  dengan  era  industri  4.0  maka  pembelajaran  ini

                  harus berbasis internet sebagai bahan materi pendamping.
                      Winataputra  (2009)  mengemukakan  Portofolio,  berasal  dari

                  Bahasa Inggris portofolio berarti kumpulan hasil karya peserta didik
                  yang menyajikan kemajuan, pencapaian dan prestasi masing-masing

                  peserta  didik  yang  mencakup  partisipasi  peserta  didik  dalam
                  memilih muatan Portofolio, kriteria seleksi, kriteria penilaian, dan

                  fakta-fakta  yang  menggambarkan  diri  para  peserta  didik.  Fajar

                  (2004)  mengemukakan  Portofolio  dalam  pembelajaran  PKn
                  merupakan  kumpulan  informasi  yang  tersusun  dengan  baik  yang

                  menggambarkan rencana kelas peserta didik berkenaan dengan suatu
                  isu kebijakann publik yang telah diputuskan untuk dikaji mereka,




                                                  86
   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99