Page 93 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 93

6)     Membuat persiapan mengajar (desain intruksional) dengan
                  pedoman model pembelajaran yang dipilihnya.

                      Pembelajaran  dapat  diartikan  dari  beberapa  sudut  pandang.
                  Pertama,  pembelajaran  diartikan  sebagai  kegiatan  menyampaikan

                  pesan berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari guru kepada

                  peserta didik. Kedua, pembelajaran dipandang sebagai suatu proses
                  penggunaan seperangkat keterampilan (teaching as a skill) secara

                  terpadu. Ketiga, pembelajaran dipandang sebagai suatu seni, yang
                  mengutamakan penampilan (kinerja) guru secara unik yang berasal

                  dari  sifat-sifat  khas,  dan  perasaan  serta  naluri  guru.  Keempat,
                  pembelajaran  dipandang  sebagai  penciptaan  suatu  sistem

                  lingkungan  yang  memungkinkan  terjadinya  proses  belajar

                  (Kartadinata, S dan Permana, J., 1997; Raka Joni, 1983; Hasibuan
                  dan Mudjiono, 1995) (dalam Suharjo, 2006).

                  b.  Model Pembelajaran Pendidikan Karakter

                     Model pembelajaran pendidikan karakter ini di reduksi dari teori

                  Whitley  (2007).  Model  pembelajaran  ini  dikaitkan  dengan

                  kurikulum.  Model  tokoh,  dan  metodologi.  Model  pembelajaran
                  pendidikan karakter adalah model pembelajaran yang mengaktifkan

                  budaya perilaku peserta didik untuk memahami Pancasila. Langkah-
                  langkah model ini yaitu: pemanduan, pujian dan hadiah, definisikan

                  dan latihkan, penegakan disiplin, dan peringai bulan ini. Model ini
                  pada akhirnya mampu mengimplementasikan pendidikan karakter

                  melalui transformasi budaya dan perikehidupan sekolah, dirasakan

                  lebih efektif daripada mengubah kurikulum dengan menambahkan
                  materi  pendidikan  karakter  ke  dalam  kurikulum  khususnya  PKn



                                                  85
   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98