Page 96 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 96
Pembelajaran ini akan menambah pengetahuan, meningkatkan
keterampilan, dan memperdalam pemahaman peserta didik tentang
bagaimana bangsa Indonesia, yakni kita semua, dapat bekerja sama
mewujudkan masyarakat yang lebih baik.
Pembelajaran ini bertujuan untuk membantu peserta didik
belajar bagaimana cara mengungkapkan pendapat, bagaimana cara
menentukan tingkat pemerintahan dan lembaga pemerintah manakah
yang paling tepat dan layak untuk mengatasi masalah yang
diidentifikasi oleh mereka, dan bagaimana cara mempengaruhi
penetapan-penetapan kebijakan pada tingkat pemerintahan tersebut.
Pembelajaran ini mengajak para peserta didik untuk bekerja sama
dengan teman-temannya di kelas dan, dengan bantuan guru serta
para relawan, agar tercapai tugas-tugas pembelajaran. Langkah-
langkahnya yaitu:
1. Membentuk Kelompok sesuai dengan tugas masing-masing
yang telah ditetapkan.
2. Mengidentifikasi masalah yang akan dikaji.
3. Mengumpulkan dan menilai informasi dari berbagai sumber
berkenaan dengan masalah yang dikaji.
4. Mengkaji pemecahan masalah.
5. Membuat kebijakan publik.
6. Membuat rencana tindakan.
Langkah-Langkah Model Pembelajaran berbasis Portofolio
menurut Center for Civic Education (2002) yaitu 1.
Mengidentifikasi Masalah yang Ada dalam Masyarakat; 2. Memilih
Masalah untuk Kajian Kelas; 3. Mengumpulkan Informasi tentang
88