Page 96 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 96

Pembelajaran ini akan menambah pengetahuan, meningkatkan
                  keterampilan, dan memperdalam pemahaman peserta didik tentang

                  bagaimana bangsa Indonesia, yakni kita semua, dapat bekerja sama
                  mewujudkan masyarakat yang lebih baik.

                      Pembelajaran  ini  bertujuan  untuk  membantu  peserta  didik

                  belajar bagaimana cara mengungkapkan pendapat, bagaimana cara
                  menentukan tingkat pemerintahan dan lembaga pemerintah manakah

                  yang  paling  tepat  dan  layak  untuk  mengatasi  masalah  yang
                  diidentifikasi  oleh  mereka,  dan  bagaimana  cara  mempengaruhi

                  penetapan-penetapan kebijakan pada tingkat pemerintahan tersebut.
                  Pembelajaran ini mengajak para peserta didik untuk bekerja sama

                  dengan  teman-temannya  di  kelas  dan,  dengan  bantuan  guru  serta

                  para  relawan,  agar  tercapai  tugas-tugas  pembelajaran.  Langkah-
                  langkahnya yaitu:

                   1.  Membentuk Kelompok sesuai dengan tugas masing-masing

                      yang telah ditetapkan.
                   2.  Mengidentifikasi masalah yang akan dikaji.

                   3.  Mengumpulkan dan menilai informasi dari berbagai sumber
                      berkenaan dengan masalah yang dikaji.

                   4.  Mengkaji pemecahan masalah.
                   5.  Membuat kebijakan publik.

                   6.  Membuat rencana tindakan.

                      Langkah-Langkah  Model  Pembelajaran  berbasis  Portofolio

                  menurut  Center  for  Civic  Education  (2002)  yaitu  1.

                  Mengidentifikasi Masalah yang Ada dalam Masyarakat; 2. Memilih
                  Masalah untuk Kajian Kelas; 3.  Mengumpulkan Informasi tentang



                                                  88
   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101