Page 91 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 91
A. Model Pembelajaran PKn
Model pembelajaran pada hakekatnya merupakan salah satu bagian
dari keseluruhan sistem belajar yang tidak dapat dipisahkan dari
sistem lainnya. Joyce & Weil mengemukakan bahwa model
pembelajaran adalah suatu rencana atau suatu pola yang dapat
digunakan untuk membentuk kurikulum dan pembelajaran jangka
panjang, merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing
pembelajaran di kelas atau di luar kelas (Rusman, 2014). Udin
mengemukakan bahwa model “pembelajaran adalah kerangka
konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam
mengorganisasikan pengalaman belajar yang akan diberikan untuk
mencapai tujuan tertentu (Mulyatiningsih, 2014).
Permendiknas No.22 Tahun 2006, tujuan pembelajaran PKn yaitu :
Tujuan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk
mengembangkan kemampuan-kemampuan sebagai berikut :
1. Berpikir secara kritis, rasional dan kreatif dalam menanggapi isu
masyarakat serta warganegaraan.
2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab serta
bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat.
3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk
diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia.
4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam peraturan
dunia secara langsung atau tidak langsung dengan
memanfaatkan teknologi informasi.
Ubaedillah, dkk, (2010) mengemukakan bahwa tujuan Pembelajaran
PKn pada dasarnya adalah menjadikan warga negara yang cerdas
83