Page 6 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 6

BAB I
                  PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN PKn ERA INDUSTRI

                                                 4.0
                  Kompetensi Umum


                      Mengembangkan  kompetensi  mahasiswa  mengidentifikasi
                  perkembangan  pembelajaran  PKn  berdasarkan  era  industry  4.0

                  sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

                  Standar Kompetensi

                  Mahasiswa  mengetahui,  memahami,  dan  menginterprestasikan
                  pembelajaran PKn era industri 4.0.

                  Kompetensi Dasar

                      Mahasiswa  dapat  menjelaskan  perkembangan  pembelajaran,

                  pradigma  pembelajaran  PKn,  pengembangan  model  pembelajaran

                  pradigma  baru  PKn,  pengembangan  aktivitas  belajar  dalam
                  pembelajaran.

                  A.     Perkembangan Pembelajaran
                         Pembelajaran  memerlukan  desain  pembelajaran  berbasis

                  kompetensi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),

                  desain yaitu prosedur yang terorganisasi dimana tercakup langkah-
                  langkah  dalam  menganalisis,  mendesain,  mengembangkan,

                  mengimplementasikan, dan mengadakan evaluasi  (Riyanto,  2012).
                  Desain pembelajaran mencakup beberapa langkah secara spesifikasi

                  Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi. Desain pembelajaran yang
                  baik akan menghasilkan proses aktivitas belajar  yang baik antara

                  guru dengan peserta didik. Hamalik (2007), Solihatin (2012), dan





                                                  1
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11