Page 6 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 6
BAB I
PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN PKn ERA INDUSTRI
4.0
Kompetensi Umum
Mengembangkan kompetensi mahasiswa mengidentifikasi
perkembangan pembelajaran PKn berdasarkan era industry 4.0
sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Standar Kompetensi
Mahasiswa mengetahui, memahami, dan menginterprestasikan
pembelajaran PKn era industri 4.0.
Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan pembelajaran,
pradigma pembelajaran PKn, pengembangan model pembelajaran
pradigma baru PKn, pengembangan aktivitas belajar dalam
pembelajaran.
A. Perkembangan Pembelajaran
Pembelajaran memerlukan desain pembelajaran berbasis
kompetensi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),
desain yaitu prosedur yang terorganisasi dimana tercakup langkah-
langkah dalam menganalisis, mendesain, mengembangkan,
mengimplementasikan, dan mengadakan evaluasi (Riyanto, 2012).
Desain pembelajaran mencakup beberapa langkah secara spesifikasi
Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi. Desain pembelajaran yang
baik akan menghasilkan proses aktivitas belajar yang baik antara
guru dengan peserta didik. Hamalik (2007), Solihatin (2012), dan
1