Page 11 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 11

kemampuan berfikir atau tingkah laku intelektual, motivasi, minat,
                  dan  kesiapan  peserta  didk  baik  jasmani  maupun  rohani.  Kedua,

                  lingkungan yaitu sarana dan prasarana, kompetensi guru, kreativitas
                  guru,  sumber-sumber  belajar,  model,  metode  serta  dukungan

                  lingkungan, keluarga dan lingkungan (Susanto, 2013).


                   B.  Paradigma Pembelajaran PKn

                      Pada  buku  sebelumnya  telah  dibahas  masalah  hakikat

                  pembelajaran PKn sehingga pada buku ajar ini dilanjutkan dengan
                  pembahasan karakteristik Model Pembelajaran PKn yang kreatif dan

                  menyenangkan.  PKn  sebagai  mata  pelajaran  memiliki  keunikan
                  tersendiri,  yang  memunculkan  PKn  dimaknai  sebagai  pendidikan

                  nilai,  pendidikan  demokrasi,  pendidikan  moral,  pendidikan

                  Pancasila (Anitah W., Sri, dkk, 2009).

                      Berdasarkan hal tersebut maka untuk menentukan desain model

                  pembelajaran  PKn  berbeda  dengan  pembelajaran  mata  pelajaran
                  lain. Perlu diketahui bahwa ada beberapa indikator yang menentukan

                  model  pembelajaran  PKn,  antara  lain  filosofis  PKn  yang
                  terdeskripsikan dari tujuan mata pelajaran PKn, yang kemudian akan

                  menentukan pemaknaan materi pembelajaran,  pemaknaan tersebut
                  akan  meliputi  peran  peserta  didik  dan  guru  PKn  dan  sumber

                  pembelajaran  termasuk  model  pembelajaran.  Analisis  pada

                  pemaknaan  dapat  berbasis  teori  tentang  tujuan,  fungsi,  dan
                  kompetensi.  PKn  dengan  paradigma  barunya  sesuai  pembahasan

                  pada  buku  ajar  sebelumnya  maka  mengharapkan  model

                  pembelajaran yang memfokuskan pada kegiatan peserta didik aktif




                                                  6
   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16