Page 11 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 11
kemampuan berfikir atau tingkah laku intelektual, motivasi, minat,
dan kesiapan peserta didk baik jasmani maupun rohani. Kedua,
lingkungan yaitu sarana dan prasarana, kompetensi guru, kreativitas
guru, sumber-sumber belajar, model, metode serta dukungan
lingkungan, keluarga dan lingkungan (Susanto, 2013).
B. Paradigma Pembelajaran PKn
Pada buku sebelumnya telah dibahas masalah hakikat
pembelajaran PKn sehingga pada buku ajar ini dilanjutkan dengan
pembahasan karakteristik Model Pembelajaran PKn yang kreatif dan
menyenangkan. PKn sebagai mata pelajaran memiliki keunikan
tersendiri, yang memunculkan PKn dimaknai sebagai pendidikan
nilai, pendidikan demokrasi, pendidikan moral, pendidikan
Pancasila (Anitah W., Sri, dkk, 2009).
Berdasarkan hal tersebut maka untuk menentukan desain model
pembelajaran PKn berbeda dengan pembelajaran mata pelajaran
lain. Perlu diketahui bahwa ada beberapa indikator yang menentukan
model pembelajaran PKn, antara lain filosofis PKn yang
terdeskripsikan dari tujuan mata pelajaran PKn, yang kemudian akan
menentukan pemaknaan materi pembelajaran, pemaknaan tersebut
akan meliputi peran peserta didik dan guru PKn dan sumber
pembelajaran termasuk model pembelajaran. Analisis pada
pemaknaan dapat berbasis teori tentang tujuan, fungsi, dan
kompetensi. PKn dengan paradigma barunya sesuai pembahasan
pada buku ajar sebelumnya maka mengharapkan model
pembelajaran yang memfokuskan pada kegiatan peserta didik aktif
6