Page 16 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 16
kekuatan dan
kelemahan suatu isu
tertentu.
c. Menentukan
atau mengambil sikap
guna mencapai suatu
posisi tertentu.
d. Membela atau
mempertahankan posisi
dengan mengemukakan
argumen yang kritis,
logis, dan rasional.
e. Memaparkan
suatu informasi yang
penting kepada
khalayak umum.
f. Membangun
koalisi, kompromi,
negosiasi dan
konsensus.
3. Kompetensi Melaksanakan a. Memberdayak Memberdaya
untuk langkah- an dirinya sebagai k an
menguasai langkah yang warga negara yang keterampilan
karakter telah disusun independen, aktif, kritis, karakter
kewarganegara well-informed, dan yang telah
an bertanggungjawab dilaksanakan
untuk berpartisipasi
secara efektif dan
efisien dalam berbagai
aktivitas masyarakat,
politik, dan
pemerintahan pada
semua tingkatan (daerah
dan nasional).
11