Page 16 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 16

kekuatan dan
                                                    kelemahan suatu isu
                                                    tertentu.
                                                    c.     Menentukan
                                                    atau mengambil sikap
                                                    guna mencapai suatu
                                                    posisi tertentu.
                                                    d.     Membela atau
                                                    mempertahankan posisi
                                                    dengan mengemukakan
                                                    argumen yang kritis,
                                                    logis, dan rasional.
                                                    e.     Memaparkan
                                                    suatu informasi yang
                                                    penting kepada
                                                    khalayak umum.
                                                    f.     Membangun
                                                    koalisi, kompromi,
                                                    negosiasi dan
                                                    konsensus.
                   3.   Kompetensi    Melaksanakan   a.    Memberdayak   Memberdaya
                        untuk         langkah-      an dirinya sebagai   k an
                        menguasai     langkah yang   warga negara yang   keterampilan
                        karakter      telah disusun   independen, aktif, kritis,   karakter
                        kewarganegara               well-informed, dan   yang telah
                        an                          bertanggungjawab     dilaksanakan
                                                    untuk berpartisipasi
                                                    secara efektif dan
                                                    efisien dalam berbagai
                                                    aktivitas masyarakat,
                                                    politik, dan
                                                    pemerintahan pada
                                                    semua tingkatan (daerah
                                                    dan nasional).





                                                  11
   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21