Page 21 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 21
pemanfaatan data idle dan
perbaikan waktu
produksi.
Kagermann dkk (2013) Mampu memenuhi kebutuhan
pelanggan secara individu,
proses rekayasa dan bisnis
menjadi
dinamis, pengambilan
keputusan menjadi lebih
optimal, melahirkan model
bisnis baru dan cara
baru dalam mengkreasi nilai
tambah.
Neugebauer dkk (2016) Mewujudkan proses
manufaktur yang efisien,
cerdas dan on-demand
(dapat dikostumisasi)
dengan biaya yang layak.
Model pembelajaran PKn dengan paradigm baru memiliki
karakteristik sebagai berikut: membelajarkan dan melatih peserta
didik berpikir kritis, membawa peserta didik mengenal, memilih dan
memecahkan masalah, melatih peserta didik dalam berpikir sesuai
dengan melakukan proses dan keterampilan sosial lain. Hal tersebut
menjadikan era industri 4.0 dapat dimanfaatkan untuk
mengembangkan manfaat khususnya pada dunia pendidikan
16