Page 26 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 26
2. Manusia sebagai individu yang memiliki hak asasi yang harus
dilindungi dan diwujudkan secara bertanggungjawab,
3. Demokrasi dalam kehidupan keluarga,
4. Demokrasi dalam kehidupan di sekolah,
5. Demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,
6. Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai nilai dasar dan landasan
demokrasi di Indonesia,
7. Secara konstitusional kedaulatan adalah ditangan rakyat,
8. Demokrasi menuntut kecerdasan warga negara,
9. Demokrasi menuntut pembagian kekuasaan negara,
10. Demokrasi dengan perwujudan otonomi dalam konteks negara
kesatuan,
11. Peradilan yang bebas dan tidak memihak,
12. Dinamika penerapan konsep, prinsip, nilai, dan cita-cita
demokrasi dalam masyarakat yang berbhinneka tunggal ika,
13. Pentingnya pemberdayaan warganegara dalam memperkokoh
persatuan dan kesatuan bangsa dan proses alih generasi secara
bertanggungjawab,
14. Keluarga sebagai inti masyarakat berperan sebagai lembaga
yang paling dini dalam pemberdayaan individu sebagai
anggota masyarakat yang demokratis,
15. Organisasi pelajar/mahasiswa/pemuda berperan sebagai
wahana gerakan moral yang potensial mempengaruhi
kebijakan politik kenegaraan dan fungsional dalam
membudayakan kehidupan yang demokratis,
16. Koperasi berperan sebagai wahana pemberdayaan warga
21