Page 26 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 26

2.  Manusia sebagai individu yang memiliki hak asasi yang harus
                      dilindungi dan diwujudkan secara bertanggungjawab,

                   3.  Demokrasi dalam kehidupan keluarga,
                   4.  Demokrasi dalam kehidupan di sekolah,

                   5.  Demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,

                   6.  Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai nilai dasar dan landasan
                      demokrasi di Indonesia,

                   7.  Secara konstitusional kedaulatan adalah ditangan rakyat,
                   8.  Demokrasi menuntut kecerdasan warga negara,

                   9.  Demokrasi menuntut pembagian kekuasaan negara,
                   10. Demokrasi dengan perwujudan otonomi dalam konteks negara

                      kesatuan,

                   11. Peradilan yang bebas dan tidak memihak,
                   12. Dinamika penerapan konsep, prinsip, nilai, dan cita-cita

                      demokrasi dalam masyarakat yang berbhinneka tunggal ika,

                   13. Pentingnya pemberdayaan warganegara dalam memperkokoh
                      persatuan dan kesatuan bangsa dan proses alih generasi secara

                      bertanggungjawab,
                   14. Keluarga sebagai inti masyarakat berperan sebagai lembaga

                      yang paling dini dalam pemberdayaan individu sebagai
                      anggota masyarakat yang demokratis,

                   15. Organisasi pelajar/mahasiswa/pemuda berperan sebagai

                      wahana gerakan moral yang potensial mempengaruhi
                      kebijakan politik kenegaraan dan fungsional dalam

                      membudayakan kehidupan yang demokratis,
                   16. Koperasi berperan sebagai wahana pemberdayaan warga





                                                  21
   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31