Page 29 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 29
BAB II
LANDASAN PKn ERA INDUSTRI 4.0
Kompetensi Umum
Mengembangkan kompetensi mahasiswa menerangkan
landasan PKn berdasarkan era industri 4.0 sesuai dengan Kerangka
Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Standar Kompetensi
Mahasiswa mengidentifikasi, memahami, dan menyebutkan
landasan dan fungsi konsep PKn era industri 4.0.
Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat menjelaskan dan membedakan landasan dan
fungsi pembelajaran PKn, pengembangan pembelajaran PKn
lanjutan.
A. Landasan Pembelajaran PKn
Dalam Undang-undang Republik Indonesia no. 20 tahun 2003
tentang SISDIKNAS Bab I Pasal 1:1 (2003:3), dikatakan bahwa:
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara
aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan,
akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan Negara. Kita ingin membentuk manusia
Indonesia seutuhnya yang sesuai paradigma PKn.
Taksonomi tujuan pendidikan berarti kategorisasi tujuan yang
24