Page 29 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 29

BAB II

                              LANDASAN PKn ERA INDUSTRI 4.0
                  Kompetensi Umum


                        Mengembangkan  kompetensi  mahasiswa  menerangkan
                  landasan PKn berdasarkan era industri 4.0 sesuai dengan Kerangka

                  Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

                  Standar Kompetensi

                        Mahasiswa  mengidentifikasi,  memahami,  dan  menyebutkan

                  landasan dan fungsi konsep PKn era industri 4.0.
                  Kompetensi Dasar


                        Mahasiswa dapat menjelaskan dan membedakan landasan dan
                  fungsi  pembelajaran  PKn,  pengembangan  pembelajaran  PKn

                  lanjutan.
                   A.  Landasan Pembelajaran PKn


                      Dalam Undang-undang Republik Indonesia no. 20 tahun 2003
                  tentang SISDIKNAS  Bab  I Pasal 1:1 (2003:3), dikatakan bahwa:

                  Pendidikan  adalah  usaha  sadar  dan  terencana  untuk  mewujudkan
                  suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara

                  aktif  mengembangkan  potensi  dirinya  untuk  memiliki  kekuatan

                  spiritual  keagamaan,  pengendalian  diri,  kepribadian,  kecerdasan,
                  akhlak  mulia,  serta  keterampilan  yang  diperlukan  dirinya,

                  masyarakat,  bangsa  dan  Negara.  Kita  ingin  membentuk  manusia
                  Indonesia seutuhnya yang sesuai paradigma PKn.


                      Taksonomi tujuan pendidikan berarti kategorisasi tujuan yang





                                                  24
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34