Page 32 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 32
untuk mempelajari bahan pelajaran yang berbentuk masalah
wawasan kewarganegaraan. Pembelajaran materi wawasan
kewarganegaraan dalam mata PKn merupakan proses dan upaya
dengan menggunakan pendekatan belajar kontekstual untuk
mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan, keterampilan, dan
karakter warga negara Indonesia, khususnya dalam keterampilan
kewarganegaraan.
Pendekatan belajar Metode pemecahan masalah dapat dilakukan
misalnya pada saat dihadapkan pada pembelajaran yang memuat
pengembangan wawasan kewarganegaraan seperti tentang partai
politik bagaimana melakukan memperkuat wawasan pengetahuan
fungsi kabinet sebagai sarana demokrasi yang berperan membantu
presiden sebagai mandataris MPR melaksanakan ketetapan/
keputusan MPR dan peraturan perundangan lainnya secara
profesional, jujur, dan penuh tanggung jawab. Presiden sebagai
kepala negara dan kepala pemerintahan merupakan sarana
demokrasi yang berperan sebagai pemimpin bangsa dan negara, dan
manajer pemerintahan yang cerdas, demokratis, dan religious.
Salah satu model pembelajaran yang dapat mengakomodasi
materi ini yaitu Model pembelajaran berbasis Portofolio. Model
Pembelajaran berbasis Portofolio adalah suatu kumpulan pekerjaan
peserta didik dengan maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi
menurut panduan-panduan yang ditentukan. Panduan-panduan ini
beragam tergantung pada mata pelajran dan tujuan penilaian
portofolio (Winataputra, dkk. 2008).
27